Antisipasi Lonjakan Penumpang, Daop 8 akan Operasikan KA Tambahan

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 02 Jun 2019 18:06 WIB
Pemudik di Stasiun Gubeng/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Pemudik di Stasiun Gubeng masih terlihat ramai pada H-3. Diprediksi jumlah penumpang masih terus meningkat. Diperkiraan peningkatan arus mudik mencapai 23 ribuan orang yang memanfaatkan moda Kereta Api (KA).

"Sekarang kondisinya masih padat, diperkirakan jumlah penumpang mencapai angka 23.600, berdasarkan dari jumlah kumulatif H-10 hingga H-4 Hari Raya, akan terjadi kenaikan sebesar 24 persen," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Soeprapto, saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (2/6/2019).

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang KA, pihak Daop 8 Surabaya merencanakan menambah jumlah kereta api dan gerbong.

"Guna menyikapi hal tersebut, kita dari pihak PT KAI Daops 8 Surabaya, terhitung pada tanggal 1 Juni 2019, kami menambah lagi kereta api tambahan relasi dari Surabaya, Pasar Turi-Gambir, namanya KA Sembrani," ungkap Soeprapto.

Sementara pihak Daops 8 akan memberikan diskon pada salah satu tiket Kereta Api tujuan Jember dan Banyuwangi. Untuk diskon tarif diberlakukan untuk KA Ranggajati dan Wijaya Kusuma.

"Tiketnya kita diskon sampai dengan 50 persen. Ini mulai tanggal 2 Juni 2019 sampai dengan 16 Juni 2019, kami adakan tarif khusus. Kita harap dengan adanya diskon ini, jumlah penumpang dari Surabaya ke arah Jember dan Banyuwangi, bisa lebih meningkat lagi, dari sekitar 400 sampai 200," tandas Soeprapto. (fat/fat)