Rawan Laka, Polisi Minta Dishub Pasang Guardrail di Jalur Ponorogo-Pacitan

Charolin Pebrianti - detikNews
Jumat, 31 Mei 2019 07:52 WIB
Polisi Ponorogo Cek Jalur Kesiapan Mudik/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Jalur Ponorogo-Pacitan tepatnya di KM 227, Desa Wates, Kecamatan Slahung telah rampung diperbaiki. Meski begitu material bekas perbaikan jalan masih ada. Hal ini pun bisa menimbulkan kecelakaan pengguna jalan jika tidak berhati-hati.

"Nanti kita minta ke Dishub Provinsi Jatim untuk memasang guardrail atau pengaman pembatas jalan," tutur KBO Satlantas Polres Ponorogo Iptu Yudi Kristiawan saat ditemui detikcom di lokasi, Jumat (31/5/2019).

Yudi menjelaskan jalur ini merupakan jalur utama penghubung antara Ponorogo-Pacitan. Banyak pemudik yang akan melintasi jalur ini. Pun juga dengan kendaraan umum seperti bus dan truk pengangkut sembako kebutuhan sehari-hari.

Pantauan detikcom, polisi bersama Dishub, Dinas Bina Marga Provinsi mengecek kesiapan jalur mudik. Mereka menyisir kawasan yang kemarin sempat terputus akibat pergeseran tanah di Slahung.


Meski sudah rampung diperbaiki, tampak beberapa bagian jalan retak dan longsor. Pasalnya, pengerjaan perbaikan kemarin hanya dilakukan semi permanen demi persiapan mudik. Namun pihak Bina Marga menjanjikan bakal memperbaiki jalur ini secara permanen ke depannya.

"Di sini kan sekitar 40 hari mengalami longsor dan patahan yang cukup parah. Beruntung sekarang bisa dilalui setelah dikebut Dinas Bina Marga Provinsi," jelasnya.

Tak lupa, Yudi pun mengimbau kepada para pemudik untuk selalu berhati-hati saat melintas di KM 227 ini. Sebab, struktur tanah di Desa Wates, Kecamatan Slahung ini labil. Pun juga material bekas perbaikan masih ada disepanjang jalur.

"Pemudik yang melintas harus selalu waspada dan berhati-hati supaya selamat sampai tujuan," pungkasnya.


Begini Siasat Pemerintah Atasi Macet di Jalur Mudik:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)