H-6 Lebaran, Arus Mudik di Tol Jombang-Mojokerto Masih Lengang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 30 Mei 2019 13:19 WIB
Tol Jombang-Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/File)
Mojokerto - Hingga H-6 lebaran 2019, arus mudik di ruas Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) terpantau masih lengang. Rata-rata volume kendaraan yang melintas di tol ini 450 unit per jam.

Kepala Departemen Operasi I Astra Tol Jomo Tomy Rabyansah mengatakan pantauan sejak pagi hingga pukul 10.00 WIB, rata-rata 450 kendaraan per jam melintas di Tol Jomo.

Jumlah kendaraan yang masuk melalui gerbang tol (GT) Bandar, Jombang 250 unit per jam, melalui GT Jombang 150 kendaraan per jam, serta 50 kendaraan per jam masuk melalui GT Mojokerto Barat.


"Dominasi kendaraan masih dari arah Surabaya. Dari arah Surabaya 60 persen dan dari Madiun 40 persen," kata Tomy saat dihubungi detikcom, Kamis (30/5/2019).

Sampai H-6 lebaran, lanjut Tomy, belum terjadi lonjakan kendaraan pemudik di ruas Tol Jomo. Menurut dia, volume kendaraan yang melintas di tol sepanjang 40,5 Km ini tak jauh berbeda dengan kemarin, Rabu (29/5). Yaitu rata-rata 410 kendaraan per jam.

Jumlah kendaraan yang masuk melalui GT Bandar 230 unit per jam, melalui GT Jombang 110 kendaraan per jam, sedangkan 70 kendaraan per jam masuk melalui GT Mojokerto Barat.


"Belum terlihat lonjakan karena masih sama dengan kondisi hari kemarin," terangnya.

Sejauh ini belum terjadi antrean kendaraan di semua GT ruas Tol Jomo. Puncak arus mudik di jalan bebas hambatan bagian dari Tol Trans Jawa ini diprediksi terjadi pada hari ke dua lebaran dan H+1 lebaran.


Simak Juga 'Mau Mudik? Ingat-ingat Pesan Menko PMK Ini!':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)