Mulai H-7 Pemudik Kereta Api di Stasiun Probolinggo Meningkat

M Rofiq - detikNews
Kamis, 30 Mei 2019 05:13 WIB
Foto: Istimewa
Probolinggo - Pemudik pengguna kereta api tujuan mulai H-7 lebaran sudah mulai meningkat di Stasiun Probolinggo. Jumlahnya naik mencapai 200-250 orang. Naik dari hari biasa yang hanya mencapai 100-150 orang.

"Penumpang kelas ekonomi mendominasi. Lonjakan penumpang sudah terjadi sejak Rabu (29/5) sore. Kebanyakan tujuan Jogjakarta dan Purwokerto," ujar Staf PT KAI daop 9 Jember Doni Maulana di Stasiun Probolinggo.

Dan lonjakan penumpang akan terus meningkat hingga lebaran H-3. "Untuk stasiun Probolinggo, jumlah penumpang yang berangkat lebih banyak dari pada penumpang yang turun," jelas pria bertugas di loket KAI Stasiun Probolinggo, tersebut.


Sementara terkait penumpang manca negara, biasanya tujuan Banyuwangi, dan Bali, dikatakan Doni, sudah mulai kesulitan mendapat tiket sejak dua hari terakhir. "Kalaupun ada, tiket untuk kelas bisnis dan eksekutif yang tersisa. Kalau kelas ekonomi kami pastikan sulit mereka dapatkan," terang dia.

Hal senada diungkapkan pengatur petugas perjalanan KA Stasiun Probolinggo, Sholikhul Yaqin. Menurut Sholikul, banyak penumpang memilih jam keberangkatan pagi pukul 7:30 WIB dan pukul 11:00 WIB.

"Keberangkatan arah Banyuwangi, Jogja dan Purwokerto," katanya.


Untuk diketahui, mulai H-7 Lebaran 2019, PT KAI menggratiskan nasi kotak bagi penumpang hendak bersantap sahur dan berbuka puasa di atas kereta api.

Sementara untuk pengamanan penumpang melibatkan TNI-Polri sudah mulai dilakukan sejak Selasa (28/5). (iwd/iwd)