detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 20:15 WIB

Diresmikan Risma, Patung Suroboyo Tepi Laut Jadi Kado HUT Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Diresmikan Risma, Patung Suroboyo Tepi Laut Jadi Kado HUT Surabaya Patung Suroboyo ini merupakan hadiah untuk ultah Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan taman dan patung Suroboyo di Bulak, Kenjeran. Peresmian itu adalah kado bagi ulang tahun Surabaya yang jatuh pada 31 Mei.

"Jadi saya kepingin waktu itu Surabaya tidak hanya bisa dilihat dari daratan tapi juga bisa dilihat dari lautan," kata Risma seusai peresmian kepada wartawan, Rabu (29/5/2019).

"Ya silakan semua datang ke Surabaya di sini. Ada mbahnya patung Suroboyo. Jadi kalau mau foto bisa di sini. Ini hadiah ulang tahun Suroboyo," lanjutnya.

Menurut Risma, selain ingin bisa dilihat dari laut, Surabaya juga merupakan kota dengan garis pantai terpanjang di Indonesia.

"Surabaya itu kota pantai mungkin kota dengan pantai terpanjang di Indonesia. Mulai barat sampai ke timur kita pantai semua. Karena itu ada semboyan jalasveva jayamahe," terangnya.

Dikatakan Risma, pembangunan taman dan patung tidak semuanya didanai dari pemkot. Khusus pembuatan patung Suroboyo, Risma mengaku dibantu dana CSR dengan nilai Rp 1 miliar.

"Kita untuk patung dibantu CSR. Kalau tamannya kita yang bangun dari APBD. Kalau nggak salah patungnya sekitar Rp 1 miliar," beber mantan kepala Bappeko itu.


Patung Suroboyo ini yang tertinggi di antara 2 patung lainPatung Suroboyo ini yang tertinggi di antara 2 patung lain (Foto: Istimewa)


Selain taman dan patung, Risma mengungkapkan pada November mendatang, pihaknya juga akan meresmikan cable car atau kereta gantung. Kereta gantung itu rencananya akan beroperasi di sepanjang pantai di Surabaya mulai dari barat sampai ujung timur.

"Kabel car ini sudah dirapatkan dengan pak Sekda. Katanya November sudah kelar. Tapi belum sampai sini nanti akan kita perpanjang lagi. Jadi nyampai ke lapangan tembak. Nanti kita tarik sampai sana," ujarnya.

"Kalau progresnya, itu kemarin ada masalah terkait tanah dan sebagainya tapi sudah clear Insyaallah dan November sudah bisa diresmikan," pungkasnya.

Patung Suroboyo ini sendiri memiliki tinggi 25,6 meter dan berdiameter 15 meter. Patung ini dikerjakan oleh seniman Bali, I Wayan Inten. Patung dibuat selama 3 bulan di Bali.

Patung lalu dikirim dalam bentuk potongan-potongan yang diangkut melalui peti kemas ke Surabaya untuk proses penyelesaiannya. Tidak hanya patung, kawasan di sekitar patung juga dibangun menjadi Taman Bulak seluas 4.000 meter persegi yang ditanami berbagai jenis tumbuhan sebagai penyeimbang ekologi kota.

Patung Suroboyo di Bulak merupakan patung tertinggi jika dibandingkan dengan dua patung Suroboyo lain yang ada di Wonokromo dan Jalan Pemuda
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed