detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 18:23 WIB

Truk Besar Diimbau Tidak Lewat Pantura, Ini Alasannya

Eko Sudjarwo - detikNews
Truk Besar Diimbau Tidak Lewat Pantura, Ini Alasannya Truk besar diimbau tak lewat jalur poros Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Mulai Hari ini atau H-7 Lebaran, Dinas Perhubungan Lamongan-Babat mengimbau truk-truk besar untuk tidak melalui jalur poros Lamongan-Babat. Imbauan ini dilakukan karena jalur poros Lamongan-Babat tidak termasuk jalur larangan kendaraan besar non BBM, Sembako dan Pertamina sesuai dengan Permenhub Nomor 37 Tahun 2019.

"Aturan ini bersifat imbauan. Sebab dalam peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 tahun 2019 tentang pengaturan lalu lintas pada masa angkutan lebaran, jalur Poros Pantura Lamongan Babat tidak termasuk jalur larangan kendaraan besar non BBM, Sembako dan Pertamina," kata Kepala Dishub Lamongan Muhammad Farikh kepada wartawan, Rabu (29/5/2019).


Dikatakan Farikh, imbauan ini efektif akan dilakukan pada H-7 Lebaran atau pada 30 Mei mendatang hingga 10 Juni 2019. Imbauan, kata Farikh, dilakukan sehubungan dengan adanya arus mudik dan arus balik untuk mengantisipasi kemacetan.

"Imbauan ini kami berikan mengingat jalur poros antara Lamongan hingga Babat ini adalah jalur yang ramai," jelasnya.


Dishub Lamongan, lanjut Farikh, juga akan bekerjasama dengan polisi untuk melakukan penertiban terhadap truk-truk besar yang parkir sembarangan di pinggir jalur poros. Pihaknya, tandas Farikh, akan melakukan tindakan tegas karena membahayakan pengguna jalan yang lain.
"Kami sudah koordinasi dengan Satlantas Lamongan untuk melakukan penertiban ini," tegasnya.

Untuk diketahui, Polres Lamongan bersama instansi terkait, diantaranya adalah Dishub Lamongan, mendirikan setidaknya 5 posko pengamanan Lebaran di sejumlah jalur jalan di Lamongan. Posko ini akan membantu para pemudik dengan menyediakan layanan istirahat dan juga informasi yang dibutuhkan oleh pemudik.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed