Ribuan Pemudik Gratis Padati Pelabuhan Tanjung Perak

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 15:55 WIB
Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Ribuan pemudik memanfaatkan progam mudik bareng gratis yang digelar oleh Pertamina. Salah satunya mudik mengunakan transpotasi laut.

GM Pertamina Marketing Operation Region V Werry Prayogi mengatakan progam mudik bareng Pertamina ini sudah digelar selama 14 tahun. Namun pada mudik 2019 kali ini ada penyebaran.

"Memang selama ini indetik dari Jakarta ke tempat-tempat tujuan di Indonesia. Tapi tahun ini, kegiatan disebarkan meluas dan Surabaya menjadi salah satu tambahan untuk membantu pemudik yang ingin kembali kampung halamannya Kalimatan dan Sulawesi. Makasar juga ada dengan tujuan ke Surabaya," kata Werry Prayogi kepada wartawan di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (29/5/2019).

Werry menjelaskan dalam mudik gratis kali ini pihaknya memberangkatkan sekitar 1.800 pemudik dengan tujuan Sampit, Kalimantan, dan Makasar. Ribuan pemudik tersebut akan mudik dengan mengunkan kapal Leuser dan Sinabung.


"Sekitar 1.800 penumpang. Hari ini ke Sampit dan Makasar, besok ke Makasar," jelas Werry.

Menurut Werry dengan adanya progam mudik gratis ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang ingin melaksanakan mudik. Apalagi saat ini harga tiket pesawat masih tinggi.

"Insyaallah progam mudik ini bisa membantu beban itu, mungkin yang biasanya naik pesawat cari moda darat ini (laut), sehingga kita berikan alternatif. Awalnya progam ini untuk lingkungan kita seperti pegawai SPBU, bengkel mekanik customer kita ataupun masyarakat," ujar Werry.

Werry juga menjelaskan secara nasional, peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pertamina meningkat. Pada mudik lebaran tahun 2019 tercatat ada 11 ribu peserta mudik gratis sedangkan tahun sebelumnya mencapai 8.077 peserta.

"Itu secara menyeluruh ada yang dari Jakarta ke Sumatera, plus yang antar pulau seperti ini," jelas Werry.


Sementara itu, salah satu peserta Arsan Rauf (38), pemudik dari Bogor tujuan Makasar mengaku dengan adanya progam mudik gratis dari Pertamina sangat membantu.

"Saya dan keluarga baru pertama kali mengikuti mudik gratis ini. Biasanya naik pesawat, karena tiket cukup mahal jadi mengikuti progam ini," ungkap Arsan.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Selfia Winindiya Astuti, mahasiswi asal Sampit ini terbantu dengan adanya progam mudik gratis.

"Dengan adanya mudik gratis ini bisa membantu mahasiswa untuk mudik bertemu keluarga," ujar Selfia.



Tonton video 591 Posko PMI Tersebar di Jalur Mudik 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)