Pelabuhan Tanjung Perak Mulai Disesaki Pemudik dari Luar Pulau

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 28 Mei 2019 16:52 WIB
Penumpang turun dari KMP Legundi Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Pemudik dari luar pulau Pulau Jawa mulai berdatangan di Terminal Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak. KMP Legundi Surabaya jurusan Lombok-Surabaya yang membawa 850 penumpang mulai sandar di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Patrick Pardede mengatakan mulai H-15 (23 Mei) hingga H-9 (27 Mei) tercatat ada 17.383 penumpang turun, 7.722 penumpang naik, dan 1.900 penumpang lanjutan.

"Untuk penumpang turun pada H-9 sendiri tercatat 1.149 , sementara untuk penumpang naik sebanyak 5.527 penumpang," kata Patrick kepada detikcom di Terminal Gapura Surya Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa (28/5/2019).


Patrik mengatakan ada kenaikan 3-4 persen pada H-9 ini, salah satu pemicu meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda angkutan laut tersebut ialah naik harga tiket pesawat.

"Mungkin salah satunya karena harga tiket pesawat naik, mungkin juga bawa kapasitas volume penumpang lebih banyak dan membawa angkutan barang lebih banyak," ujar Patrick.


Sementara itu, untuk lonjakan penumpang di Terminal Gapura Surya, Tanjung Perak diprediksikan terjadi pada 31 Mei dan 1 Juni mendatang.

"Puncaknya pada dua hari itu untuk arus mudik. Untuk arus balik pada tanggal 8-9 Juni, dua hari itu prediksi kami," tandas Patrick.


Simak Juga 'Jelang Arus Mudik, Kemenhub Uji Petik Kapal di Pelabuhan Merak':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)