detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 03:45 WIB

Atasi Membludaknya Kendaraan Masuk Tol Paspro, Mobile Rider Disiapkan

M Rofiq - detikNews
Atasi Membludaknya Kendaraan Masuk Tol Paspro, Mobile Rider Disiapkan Tol Pasuruan-Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Selama arus mudik, volume kendaraan yang melintas di Jalur Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) pasti membludak. Pengelola Tol Paspro telah menyiapkan solusi untuk mengatasinya.

Salah satunya adalah mobile rider. Mobile rider adalah petugas yang akan turun langsung ke jalur di gerbang tol untuk menemui pengemudi guna mempercepat proses transaksi masuk tol.

"Guna mempercepat transaksi masuk tol, jadi petugas kami nanti yang akan berkeliling ke para sopir jika terjadi antrean panjang di gerbang tol," ujar Manager Pelaksana PT Transjawa Paspro Jalan Tol Sukiran saat dihubungi detikcom, Senin 27/5/2019.

Sukiran mengatakan apabila antrean kendaraan di gerbang pintu tol sudah melebihi batas, pihak tol akan mengarahkan sebagian kendaraan lewat di jalur arteri. Tujuannya adalah untuk menghindari kemacetan panjang di jalur gerbang tol Paspro.


Sukiran menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan derek gratis apabila nantinya terdapat kendaraan yang macet saat melintas di jalur Tol Paspro.

"Untuk menjamin kelancaran arus mudik, kita sediakan mobil derek guna membantu kendaraan yang macet di ruas tol. Kita sediakan juga mobil patroli, lengkap petugas PJR Jatim 4 guna menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik lebaran," kata Sukiran.

Sukiran mengimbau bagi pemudik yang melintasi ruas Tol Paspro agar menyiapkan kartu elektronik tol dengan saldo cukup. Selain itu pengendara wajib mematuhi aturan dan rambu-rambu selama melintas di ruas tol, serta memacu kendaraannya hanya di angka 60-100 km/jam.

Puncak arus mudik lebaran diprediksi akan terjadi pada 30-31 Mei 2019 mendatang. Dan untuk penigkatan volume lalu lintas di ruas Tol Paspro sendiri terjadi pada H-3 lebaran. Hingga saat ini, ruas Tol Paspro sendiri masih belum dikenakan tarif bagi kendaraan yang melintas.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan guna mendukung kelancaran arus lalu lintas dan kemanan arus mudik lebaran di tol Paspro, pihaknya telah meyiapkan pos pengamanan di Exit Tol Leces, Kabupaten Probolinggo.


Nantinya fungsi pos pengamanan sendiri, bertujuan mengurai kemacetan saat lonjakan volume kendaraan terjadi di Exit Tol Leces. Untuk jumlah personel sendiri yang disiagakan sekitar 30 personel termasuk 2 perwira, jumlah tersebut dibagi ke dalam 3 shift.

Sejumlah personel itu, nantinya tak hanya mengurai kemacetan namun juga mengamanan titik-titik rawan aksi kejahatan dan kriminalitas.

"Jadi untuk persiapan arus mudik sendiri, kita ada 4 pos pengamanan yang disiapkan. Tak hanya di pintu Exit Tol Leces, ada juga di wilayah jalur Pantura Paiton, Kraksaan dan areal depan obyek wisata Pantai Bentar," tandas Eddwi.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed