detikNews
Senin 27 Mei 2019, 18:31 WIB

Urai Kepadatan, Underpass Karanglo Malang Dioperasionalkan Besok

Muhammad Aminudin - detikNews
Urai Kepadatan, Underpass Karanglo Malang Dioperasionalkan Besok Underpass Karanglo beroperasi dua jalur/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Ujicoba underpass Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, mulai dilakukan hari ini. namun, pengoperasian total dua jalur underpass untuk arah Malang atau Surabaya diberlakukan, Selasa (28/5) besok.

Dibukanya underpass akan mampu mengurai kepadatan di simpang empat Karanglo. Pengoperasian maju dari target, sebelumnya pengerjaan ditargetkan rampung pada H-7.

"Hari ini, mulai dilakukan ujicoba underpass untuk dua jalur. Untuk kesiapan pengoperasian total dua lajur yang direncanakan mulai besok," ungkap Kasatlantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang kepada wartawan, Senin (27/5/2019).

Dengan ujicoba ini, kata kasatlantas, diprediksi mampu mengurangi kepadatan lalu lintas baik dari Kota Malang, Surabaya dan Kota Batu. Karena selama ini, banyak kendaraan dari ketiga arah tersebut, bertumpu di simpang empat Karanglo.

"Tentunya akan mengurangi kepadatan dengan pengoperasian underpass secara total. Kami hari ini mulai menguji coba dan besok baru beroperasi 100 persen," tegas William.


Dia berpesan agar pengguna jalan mencermati rambu penunjuk jalan (sign board) sebelum melintasi underpass Karanglo.

Dikatakan, pengguna jalan dari arah Singosari (utara) hendak menuju Malang (selatan) dari depan SPBU Karanglo, dapat langsung mengambil lajur sebelah kanan. Sementara lajur sebelah kiri diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menuju Kota Batu.

"Yang dari Singosari (utara) bisa langsung mengambil lajur sebelah kanan saat menuju arah selatan (Malang), tepat di depan SPBU Karanglo. Nantinya lajur itu menuntun pengguna jalan menuju underpass ke arah Malang," bebernya.

Bersamaan dengan Operasi Ketupat Semeru 2019, Satlantas Polres Malang mengimbau pengguna jalan untuk tetap mentaati rambu-rambu lalu lintas, demi keselamatan selama berkendara.

"Mari bersama menjadi pelopor ketertiban berlalu lintas, khususnya pengguna tol trans Jawa yang akan menuju Malang pada saat arus mudik dan arus balik nanti, karena ruas tol sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik," tuturnya.

Underpass Karanglo memiliki panjang sekitar 450 meter. Lokasinya berada di arah barat dari gerbang exit tol Singosari atau seksi III. Beroperasinya underpass Karanglo tentunya memperlancar kendaraan yang keluar masuk tol Malang-Pandaan serta kendaraan yang melintas di jalur arteri menuju Malang, Kota Batu dan Surabaya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed