detikNews
Senin 27 Mei 2019, 16:54 WIB

Dishub Surabaya Sebar 946 Personel di Posko Mudik dan Terminal

Amir Baihaqi - detikNews
Dishub Surabaya Sebar 946 Personel di Posko Mudik dan Terminal Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyiapkan 946 personel untuk melakukan pengawasan dan pengendalian selama arus mudik Lebaran 2019. Personel itu nantinya akan ditempatkan merata di seluruh terminal dan tempat publik lainnya.

"Ada 946 personel dan akan diterjukan di beberapa tempat, seperti terminal-terminal dan posko arus mudik yang tersebar di Surabaya," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat kepada wartawan, Senin (27/5/2019).

Tak hanya itu, terang Irvan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, untuk menyiapkan posko kesehatan yang terdapat di beberapa lokasi. Hal ini dilakukan untuk membantu para pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan di posko tersebut tanpa dipungut biaya.


"Jadi tidak hanya para pengemudi yang kita tes kesehatan, tapi para penumpang juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Seperti cek tensi darah, bahkan bisa mendapat obat-obat lain yang diperlukan," terang Irvan.

Sedangkan mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang saat mudik, sebanyak 997 bus telah disiagakan untuk melayani trayek ke sejumlah daerah, yakni AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi) sebanyak 470 dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) sebanyak 527.

"Khusus untuk jumlah angkutan kota yang disiagakan sebanyak 144, dan ditambah dengan armada Suroboyo Bus," ujar Irvan.


Mengantisipasi keterlambatan kedatangan bus saat mudik lebaran. Dishub juga telah menyiapkan armada bus cadangan yang diambil dari bus pariwisata dan DAMRI.

"Cadangan kita telah koordinasi dengan DAMRI dan sejumlah bus pariwisata," tandasnya.



Simak Juga 'Catat! Layanan BPJS Kesehatan di Beberapa Titik Mudik Anda':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed