DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 18:31 WIB

Gaungkan Pluralisme, Pemuda Hindu Banyuwangi Bagi Takjil

Ardian Fanani - detikNews
Gaungkan Pluralisme, Pemuda Hindu Banyuwangi Bagi Takjil Pemuda Hindu gelar bagi takjil (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Puluhan pemuda Hindu Banyuwangi menggelar bagi takjil di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maroon Genteng, Banyuwangi. Kegiatan ini untuk menggaungkan semangat pluralisme dan toleransi antar umat beragama yang selama ini terjalin rukun di Banyuwangi.

Menggunakan pakaian khas ke pura, para pemuda Hindu dari Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu ini berbaris rapi. Mereka membagikan takjil kepada setiap pengguna jalan yang melintas. Yang unik lagi, saat kegiatan bagi takjil, para pemuda ini menabuh gamelan khas Bali dikreasikan budaya Banyuwangi.

Kegiatan ini cukup menarik perhatian pengguna jalan yang melintas. Apalagi, para pemuda Hindu ini kompak dengan kostum ala ke pura. Selama pembagian takjil, alunan gamelan bale ganjur terus bertalu. Tak jarang pengguna jalan memilih berhenti untuk melihat dari dekat.


"Kami ingin membuktikan jika di Banyuwangi kerukunan umat beragama terjalin dengan baik. Karena itu, kami menggelar bagi takjil untuk menghormati umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Kami ingin berbagi dalam keberagaman," kata Budi Wiriyanto, perwakilan pemuda Hindu kepada wartawan, Sabtu (25/5/2019).

Pihaknya berharap kerukunan beragama di Banyuwangi bisa menjadi inspirasi nasional. Dia juga berharap kegiatan menggaungkan pluralisme bisa berlanjut dalam kegiatan-kegiatan lain di Banyuwangi.

Dia menjelaskan, kegiatan bagi takjil ini bekerjasama dengan DPD Nasdem Banyuwangi. "Kami mendapatkan dukungan dari Partai Nasdem untuk kegiatan bagi takjil dengan semangat pluralisme ini," pungkasnnya.





(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed