detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 16:55 WIB

Banyak Tol Baru, Dishub Jatim Ingatkan Exit Tol Rawan Kecelakaan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Banyak Tol Baru, Dishub Jatim Ingatkan Exit Tol Rawan Kecelakaan Gerbang Tol Madiun/Foto dile: Sugeng Harianto
Surabaya - Dinas Perhubungan Jatim bekerja sama dengan Polda Jatim untuk memetakan jalan-jalan yang rawan kecelakaan saat Mudik Lebaran. Pintu keluar atau exit tol juga dianggap rawan.

"Polda Jatim Kakorlantas sudah melakukan survey, sudah disampaikan pada gubernur juga dalam rakor oleh pak menteri. Di Jatim ada tengah, ada selatan, ada utara yang agak rawan. Tengah misalnya Caruban, Mengkreng, Tuban itu kalau ndak ada tol," kata Kadishub Jatim Fattah Jasin di Surabaya, Jumat (24/5/2019).

"Ibu Gubernur sampaikan kalau ada tol mungkin ada kerawanan yang lain, exit-exit ini harus dipermudah untuk keluar," imbuh Fattah.


Fattah menyebut minat masyarakat dalam menggunakan tol cukup tinggi. Ia berharap dengan difungsikannya tol, titik kerawanan bisa berkurang saat Mudik Lebaran.

"Insya Allah dengan selesainya semua lintasan tol dari Jakarta sampai Malang, Jakarta sampai Surabaya, Jakarta sampai Probolinggo, akan tidak ada masalah dengan kerawanan," lanjutnya.


Sementara itu, Fattah juga menyebut untuk mengurangi kerawanan ini, pihaknya telah mensosialisasikan peraturan Menteri Perhubungan tentang larangan truk angkutan barang melintas di jalur-jalur tertentu. Namun ada beberapa truk yang masih diperbolehkan.

"Ditambah lagi menteri perhubungan sudah mengeluarkan peraturan menteri no 37 tahun 2019 kemarin baru saya terima, pasti H-2 dan H+3 itu dilarang melintas truk angkutan barang," terang Fattah.

"Itu tidak boleh melintas di semua jalur tol ruas tol. Misalnya di Caruban sampai Mojokerto tidak boleh ke timur sampai Probolinggo. Kemudian Lumajang Jember, Jember Banyuwangi juga tidak boleh. Kemudian di Malang Pandaan juga tidak boleh melintas kecuali truk isi air dalam kemasan, barang barang pos, sembako, minyak dan gas ekspor-impor," pungkasnya.



Simak Juga 'Xpedisi 2.000 Km, Tol Cikarang Utama Digeser ke Km 70':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed