detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 13:15 WIB

Dishub Jatim Prediksi Mudik Lewat Jalur Darat Naik 5 Persen

Hilda Meilisa - detikNews
Dishub Jatim Prediksi Mudik Lewat Jalur Darat Naik 5 Persen Terminal Purabaya/Foto: Icha
Surabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim memprediksi ada kenaikan pemudik yang melewati jalur darat. Terlebih, jalur tol sudah tersedia dan siap digunakan untuk pemudik.

Kadishub Jatim Fattah Jasin mengatakan angkutan darat yang cukup mencuri kembali perhatian masyarakat yakni bus. Apalagi, aksesnya jadi lebih mudah dengan tol.

"Ibu gubernur mengaku dengan selesainya tol ini masyarakat banyak yang jatuh hati lagi dengan angkutan darat, bus. Karena kita lihat Jakarta-Surabaya pasti 10 jam. Kalau dulu kan nggak ada kepastian. Jadi dengan kereta hampir sama. Bahkan bus ndak berhenti di stasiun, dia langsung," ujar Fattah saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (24/5/2019).

Selain itu, Fattah memprediksi peningkatan pemudik melalui jalur darat ini sebanyak 3 hingga 5%. Hal ini dilihat dari banyaknya permintaan pemudik melalui bus.

"Kelihatannya penumpang banyak juga. Karena permintaan dari bus itu banyak yang melapor ada peningkatan. Kita siapkan antisipasinya kira-kira 3 sampai 5 persen," lanjutnya.


Sementara itu, mahalnya harga tiket pesawat juga turut mempengaruhi hal ini. Sedang untuk kereta dan kapal laut, Fattah menyebut cenderung stabil.

"Kalau udara karena situasi harga tiket agak mahal mungkin tidak ada extra flight. Kalau kereta api memang backbone, menjadi tumpuan angkutan massal di Jatim maupun di tempat lain," ucap Fattah.

"Untuk angkutan laut, Jatim fokus ke wilayah kepulauan itu ribuan orang di Sumenep dan kepulauan," imbuhnya.

Sebelumnya, Fattah mengatakan pihaknya telah membuka pendaftaran mudik gratis. Dia menyebut pendaftarannya telah rampung dan diikuti 20.000 peserta yang memilih kendaraan darat atau bus.

"Angkutan gratis pendaftaran online sudah selesai, ada di catatan kami hampir 20.000 orang dengan jumlah armada 560 ke jurusan barat Madiun, Ponorogo, Magetan, Trenggalek, Tulungagung. Kemudian ke timur sampai Banyuwangi, Jember, Lumajang, Madura keseluruhan," pungkasnya.




Simak Juga 'Mau Mudik Lewat Jalur Darat? Waspadai Titik Kemacetan Ini':

[Gambas:Video 20detik]


(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed