DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 18:41 WIB

Begini Terbongkarnya Kedok Joki yang Dilakukan Mahasiswa UGM dan ITB

Amir Baihaqi - detikNews
Begini Terbongkarnya Kedok Joki yang Dilakukan Mahasiswa UGM dan ITB Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya (Foto: Amir Baihaqi/File)
Surabaya - Pihak Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) sejak awal sudah curiga dengan salah satu joki yang mengikuti tes masuk Fakultas Kedokteran. Kecurigaan itu akhirnya terbukti.

Wakil Rektor I UMS Azis Alimul Hidayat mengatakan saat pendaftaran pihaknya sebenarnya sudah mulai curiga dengan keberadaan mereka. Untuk itu, ia meminta pihak kampus agar memperketat pengawasan saat pelaksanaan ujian berlangsung.

"Sehari sebelumnya dari pihak kita itu ada indikasi beberapa orang kayaknya kok bergerombol saat pendaftaran. Nah, saat mengantar pendaftaran itu kita ada kecurigaan. Karena mengetahui itu saya minta tolong agar ujiannya pengawasan diperketat. Ya tentu dengan SOP yang ada sesuai dengan aturan," kata Azis kepada detikcom, Rabu (22/5/2019).


"Di dalam proses ujian ada pengawas yang melaporkan kejadian itu bahwa ada mahasiswa kok cepat mengerjakannya kemudian memberikan lembar contekannya ke (peserta) sebelahnya. Kemudian kita keluarkan dan kita interogasi," lanjut Aziz.

Setelah menginterogasi, pihak kampus kemudian mengetahui bahwa ada tiga joki lainnya yang masih mengikuti pelaksanaan ujian yang masih berlangsung. Mendapat informasi itu, pihak kampus kemudian mengeluarkan dan mengamankan mereka semua.

"Akhirnya terungkap yang terlibat bukan hanya si anak itu. Tapi ada teman-temannya hingga empat orang. Kemudian mereka juga mengaku dengan jujur diajak orang (calo) yang mencarikan kegiatan (joki) itu," terang Aziz.

UMS mengamankan empat joki. Mereka diamankan saat mengikuti ujian masuk Fakultas Kedokteran gelombang kedua.


Tiga dari empat joki tersebut merupakan mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan Institute Teknologi Bandung (ITB). Sedangkan satu lainnya merupakan lulusan SMA Negeri di Kediri.

"Dari kampus yang bersangkutan sudah menghubungi kami. Kalau yang dari ITB sudah mengirimkan surat secara resmi. Kalau dari UGM masih secara lisan," ujar Azis.

Tiga joki berstatus mahasiswa itu adalah Muhammad In'am Jawazi (20) dan Ridwan Nur (19) berstatus mahasiswa UGM serta Riantama Rasunda (20) merupakan mahasiswa ITB. Satu joki lainnya Miftakul Munif (19) diketahui sebagai alumnus SMA Negeri 2 Kediri.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed