DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 18:24 WIB

Manusia Tertua Asal Blitar Meninggal Hari ke-17 Ramadhan

Erliana Riady - detikNews
Manusia Tertua Asal Blitar Meninggal Hari ke-17 Ramadhan Mediang Mbah Harjo saat di rumahnya Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar - Harjo Suwito atau Harjo Gentelot, yang viral di medsos telah berusia 200 tahun pada 2018 silam, meninggal dunia. Mbah Harjo meninggal di malam 17 Ramadhan saat Nuzulul Quran.

Warga Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, juga viral di media sosial. Mbah Harjo meninggal, Selasa (21/5/2019) sore.

Meninggalnya warga Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, ini sebelumnya mengalami sakit degeneratif. Namun pria dengan enam istri ini menolak dibawa ke layanan medis untuk berobat.


"Sebelumnya sempat diajak oleh Kapolsek Gandusari untuk berobat namun beliau tidak mau. Akhirnya menghembuskan nafas terakir kemarin sore," kata Kasubag Humas Polres Blitar Iptu M Burhanudin saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (22/5/2019).

Berdasarkan catatan kependudukan di Kantor Desa Gadungan, Mbah Harjo lahir 1 Juli 1925. Namun kepala desa yakin, sesepuh desa itu lebih tua dari tahun kelahiran yang tercantum di datanya.

Mbah Harjo diakui sebagai sesepuh dan panutan di desanya. Selama masa mudanya, dia dikenal mempunyai keahlian menemukan beberapa candi dan situs bersejarah lain di sisi utara wilayah Kabupaten Blitar.


Mbah Harjo kembali menghadap Sang Pemilik Sejati. Berkah usianya yang panjang selama hidup di dunia, mengantarkan pada akhir yang indah. Mbah Harjo wafat di bulan suci yang penuh berkah. Doa baik para pelawat mengiringi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed