DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 13:35 WIB

Perbaikan Jalur Mudik Lebaran di Trenggalek Dikebut

Adhar Muttaqin - detikNews
Perbaikan Jalur Mudik Lebaran di Trenggalek Dikebut Perbaikan jalan di Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) mengebut perbaikan ruas jalan nasional di Trenggalek yang akan digunakan sebagai jalur Mudik Lebaran. Perbaikan ditargetkan rampung pada H-10 Lebaran.

PPK Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo Nana Sudjana mengatakan, tahun ini pihaknya melakukan proses perbaikan di 29 titik. Mulai Jarakan hingga perbatasan Ponorogo. Namun terdapat sejumlah titik yang dikhususkan untuk dilakukan percepatan. Terutama untuk menghadapi musim Mudik Lebaran.

"Beberapa titik yang kami dahulukan proses perbaikannya adalah di KM 15-18 tepatnya di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu dan di wilayah dalam kota ini," kata Nana Sudjana, Rabu (22/5/2019).


Perbaikan jalur mudik tersebut seluruhnya merupakan pelapisan ulang aspal atau overlay. Mengingat kondisi jalan mulai banyak yang rusak dan bergelombang. Proses penanganan ditargetkan akan selesai maksimal H-10 Lebaran.

"Sebetulnya tenggat waktu kami sampai Desember. Namun ini butuh percepatan untuk Mudik. Nanti maksimal H-10 sudah selesai. Untuk sekarang tinggal 14 persen. Kami yakin sebelum itu sudah selesai, apalagi untuk yang di KM 15-18 dua hari lagi sudah tuntas," imbuhnya.

Kasatlantas Polres Trenggale AKP Suprihanto mengaku telah melakukan proses pengecekan di seluruh ruas jalur mudik. Terutama pada ruas jalan nasional. Pihaknya memastikan apabila perbaikan selesai seluruh jalur mudik yang melintasi tengah kota siap digunakan.

"Kalau titik rawan longsor tetap di KM 16-17, namun untuk kondisi jalan sekarang sudah diperbaiki, sehingga tidak berdebu lagi," tambahnya.


Di sisi lain, kondisi jalur Trenggalek-Tulungagung juga telah dilakukan perbaikan berupa tambal sulam oleh BBPJN. Sehingga titik-titik lubang yang membahayakan kini telah ditutup.

"Sedangkan untuk JLS masih belum bisa digunakan karena memang belum menyambung antara Panggul-Munjungan-Watulimo hingga Tulungagung. Pengaspalan masih spot-spot. Yang bisa digunakan itu dari Panggul hingga Pacitan," lanjutnya.

Ruas jalan nasional Trenggalek-Ponorogo dan Trenggalek-Tulungagung biasanya menjadi alternatif jalur mudik dari wilayah barat menuju Trenggalek, Tulungagung, Blitar maupun Malang. Selain itu juga menjadi salah satu jalur utama pemudik dari Surabaya menuju Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed