detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 13:21 WIB

Ketel Uap Pabrik Tahu di Jombang Meledak, Satu Pekerja Tewas

Enggran Eko Budianto - detikNews
Ketel Uap Pabrik Tahu di Jombang Meledak, Satu Pekerja Tewas Ketel Uap Pabrik Tahu di Jombang Meledak/Foto: Istimewa
Jombang - Mesin ketel uap di pabrik tahu di Jombang tiba-tiba meledak. Peristiwa di Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, ini mengakibatkan seorang pekerja tewas seketika.

Kecelakaan kerja ini terjadi di pabrik tahu milik Sami'i (56) di Dusun Murong Timur. Kapolsek Jogoroto AKP Sumiyanto mengatakan, saat kejadian terdapat 2 pekerja sedang memproduksi tahu.

Mereka adalah Muhammad Subur (25) warga Dusun Murong Santren, Desa Mayangan dan Sutik (40), warga Dusun Murong Timur, Desa Mayangan. Mereka mulai membuat tahu dengan menyalakan mesin ketel uap pukul 20.00 WIB, Selasa (21/5).

Tanpa diduga, sekitar pukul 21.00 WIB, ketel uap tiba-tiba meledak. Ledakan tersebut mengakibatkan Subur terpental sekitar 3 meter. Sementara rekan kerjanya, Sutik selamat meski mengalami syok.


"Korban meninggal di lokasi kejadian akibat terkena serpihan ketel uap dan benturan pada kepala saat tubuhnya terpental," kata Sumiyanto kepada wartawan, Rabu (22/5/2019).

Sumiyanto mengaku masih menyelidiki insiden ini. Untuk sementara, ketel uap meledak akibat pekerja lupa tidak mengeluarkan uap di dalamnya. Di lain sisi, saat itu api yang digunakan cukup besar.

"Api terlalu besar mengakibatkan kelebihan upa," terangnya.

Korban tewas dalam insiden ini dibawa ke RSUD Jombang untuk divisum. Sementara korban selamat dibawa ke Puskesmas untuk menjalani pemulihan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed