detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 18:01 WIB

Awas, Mamin Tak Layak Konsumsi Masih Beredar di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Awas, Mamin Tak Layak Konsumsi Masih Beredar di Mojokerto Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Masyarakat diimbau lebih teliti saat membeli makanan dan minuman (mamin) di pasar maupun minimarket. Pasalnya, mamin tak layak konsumsi masih dijumpai di Mojokerto.

Beredarnya mamin tak layak konsumsi itu diketahui dari hasil inspeksi mendadak (sidak) Dinas Kesehatan Mojokerto ke pasar tradisional dan minimarket. Di Pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko misalnya, petugas menemukan sejumlah jenis makanan yang menggunakan pewarna tekstil, serta mengandung borax.

Selain itu, makanan tak mempunyai izin edar juga ditemukan di pasar tradisional tersebut. "Makanan yang menggunakan pewarna berbahaya kami suruh menarik supaya tidak dijual. Karena berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Didik Chusnul Yakin kepada wartawan di lokasi, Selasa (21/5/2019).


Sementara di minimarket Desa Kedungmaling, petugas menemukan banyak mamin yang kemasannya rusak, serta mendekati kedaluwarsa. Menurut Didik, kemasan kaleng yang penyok berpotensi menimbulkan kontaminasi bakteri pada mamin di dalamnya.

"Kemasan rusak otomatis kalengnya ada lekukan, biasanya menimbulkan bakteri, logam kaleng bisa jadi berkarat menimbulkam kontaminasi. Berbahaya kalau dikonsumsi," terangnya.

Dalam sidak di dua tempat ini, setidaknya ditemukan 16 jenis mamin yang tidak layak untuk dikonsumsi. "Kami sampaikan ke pedagang supaya ditarik untuk dikembalikan ke distributornya, begitu juga yang mendekati kedaluwarsa," tandas Didik.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed