detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 17:17 WIB

Antisipasi Aksi 22 Mei, Polisi Bondowoso Sekat Penumpang Keluar Kota

Chuk S. Widarsha - detikNews
Antisipasi Aksi 22 Mei, Polisi Bondowoso Sekat Penumpang Keluar Kota Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Polisi terus menggelar razia di tiga titik akses ke luar Kabupaten Bondowoso. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya penyekatan pergerakan massa yang hendak ikut aksi people power di Jakarta.

Tiga titik tersebut adalah Wringin, sebagai jalur menuju Besuki, lalu Prajekan sebagai akses ke Sidubondo, dan Maesan perbatasan dengan Jember.

Dalam penyekatan tersebut melibatkan satuan Lantas dan tim Pemukul Polres Bondowoso, serta unsur TNI. Mereka melakukan pemeriksaan kendaraan umum, khususnya roda empat, serta angkutan umum terutama bus.

"Penyekatan semacam ini terus kami lakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan," kata Kapolres Bondowoao, AKBP Febriansyah, yang memimpin langsung jalannya razia, Selasa (21/5/2019).


Bukan cuma itu, kata dia, massa yang hendak bergeser dengan tujuan ikut aksi people power di Jakarta juga terlebih dulu diberi pemahaman sisi negatifnya.

"Kami harap agar masyarakat lebih dewasa dalam berpolitik. Kalaupun ada ketidakpuasan, ya gunakanlah jalur konstitusional. Tak perlu people power," kata Febriansyah.

Pantauan detikcom, tim gabungan terdiri Polri-TNI menghentikan setiap kendaraan roda empat. Mereka melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan muupun idenditas.

Khusus untuk penumpang angkutan umum, selain menanyakan tujuan, tim gabungan tersebut juga memeriksa barang-barang bawaan penumpang.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com