detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 12:52 WIB

Catat, Ini Titik-titik Jalur Pantura Lamongan yang Rawan Kecelakaan

Eko Sudjarwo - detikNews
Catat, Ini Titik-titik Jalur Pantura Lamongan yang Rawan Kecelakaan Jalur di Lamongan Ini Rawan Kecelakaan Lalu Lintas/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Anda berencana mudik atau balik lebaran melalui jalur pantura Lamongan? Ada baiknya untuk lebih berhati-hati. Pasalnya, kurang lebih 10 KM jalur poros nasional Lamongan rawan kecelakaan.

Jalur poros nasional yang rawan terjadi kecelakaan dan blackspot salah satunya di jalur Desa Pandanpancur, Kecamatan Deket hingga perlintasan rel KA timur atau sebelah Stadion Surajaya Lamongan.

"Jalur yang ada di Desa Pandanpancur, Kecamatan Deket hingga ke perlintasan rel KA timur ini salah satu jalur blackspot di jalur pantura. Sering terjadi kecelakaan di jalur ini," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Lamongan, Ipda Purnomo kepada wartawan saat dikonfirmasi, Selasa (21/5/2019).

Selain itu, jelas dia, tidak ada pembatas jalan dan minim rambu-rambu lalu lintas. "Di jalur ini sering terjadi kecelakaan, karena banyaknya kendaraan yang melintas dengan kecepatan tinggi," tambahnya.


Apalagi, tegas kanit, dalam kurun waktu 4 bulan ini sudah ada empat kejadian kecelakaan di jalur ini. Jalur lain rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, antara Kecamatan Lamongan hingga ke jalur Desa Plosowahyu.

Jalur pantura Lamongan rawan kecelakaan/Jalur pantura Lamongan rawan kecelakaan/ Foto: Eko Sudjarwo

Pasalnya di jalur ini juga tidak ada median pembatas jalan dan minim rambu lalu lintas. Dan bergelombang karena ada perbaikan di beberapa ruas jalan.

"Jalur poros ini dalam perbaikan dan lubang-lubang yang ada di jalan sudah tertutup. Tapi karena aspal tidak merata jalur, ini banyak yang bergelombang sehingga bisa memicu kecelakaan jika berkendara dengan kecepatan tinggi," ungkapnya.

Titik lain yang juga rawan kecelakaan adalah di Kecamatan Sukodadi hingga ke Babat. Di titik ini, jalan yang lurus memungkinkan untuk terjadinya human error. Selain itu, di titik ini juga terdapat persimpangan rel KA tanpa palang pintu, pasar dan stasiun KA.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk lebih berhati-hati ketika melintas dan untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam berlalulintas," harapnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed