DetikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 22:29 WIB

Kemenhub Siapkan Kapal Baru untuk Layani Pemudik ke Pulau Gili Ketapang

M Rofiq - detikNews
Kemenhub Siapkan Kapal Baru untuk Layani Pemudik ke Pulau Gili Ketapang Kapal Rede Gandha Nusantara 11/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Kementerian Perhubungan menyerahkan Kapal Rede Gandha Nusantara 11 kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo. Kapal tersebut bisa digunakan untuk mengangkut pemudik Lebaran.

Penyerahan kapal angkutan barang dan manusia itu untuk mempermudah penyeberangan antarpulau. Yakni dari Tanjung Tembaga ke Pulau Gili Ketapang, Sumberasih atau sebaliknya.

Kasubdit Angkatan Laut Kemenhub, Kapten Budi Mantoro menjelaskan, kapal tersebut berkapasitas sekitar 53 penumpanng. Kemudian cukup untuk mengangkut 2 mobil ukuran sedang serta puluhan sepeda motor.


Ia berharap kehadiran kapal tersebut memberikan kenyamanan transportasi bagi masyarakat. Terutama saat arus Mudik Lebaran.

"Saya harap, adanya kapal ini benar-benar berguna bagi masyarakat. Di mana nyaman dalam perjalanan dan keselamatan. Tentunya akan mendukung momen Mudik mendatang," kata Budi, Sabtu (18/5/2019).

Kemudian Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihandjoko mengucapkan terima kasih atas pemberian kapal angkutan penumpang san barang tersebut. Dengan kapal tersebut, ia optimis kenyamanan dan keselamatan masyarakat lebih terjamin.

Menurutnya, kapal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengangkut wisatawan. Terutama bagi mereka yang ingin snorkeling ke Pulau Gili Ketapang.


"Adanya kapal ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Gili Ketapang dan sektor pariwisata yang ada di pulau setempat. Semoga Kapal Gandha Nusantara 11 semakin dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat Probolinggo, khususnya warga Gili Ketapang," ujarnya.

Seperti informasi yang dihimpun, tarif Kapal Rede Gandha Nusantara 11 sekitar Rp 18 ribu per orang untuk sekali perjalanan. Sementara untuk jadwal operasionalnya masih dalam proses penentuan.

Kapal Rede Gandha Nusantra 11 memiliki panjang sekitar 24,70 meter, lebar 6,30 meter dan tinggi 2,20 meter. Kapal jenis perintis produksi tahun 2017 ini memiliki bobok sekitar 92 GT (Gross Tonnage).
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed