detikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 20:20 WIB

Ludes Terbakar, Kerugian Kelenteng Tri Dharma Capai Rp 2 Miliar

M Rofiq - detikNews
Ludes Terbakar, Kerugian Kelenteng Tri Dharma Capai Rp 2 Miliar Kobaran api melalap bangunan Kelenteng Sumbernaga/Foto: Istimewa
Probolinggo - Kebakaran menghanguskan hampir seluruh bagian Kelenteng Tri Dharma Sumbernaga, Kota Probolinggo. Termasuk Patung Dewa Bumi dan Langit.

Menurut Ketua I Kelenteng Sumbernaga, Adi Susanto, kebakaran yang terjadi pada Jumat (17/5) pukul 23.30 WIB turut menghanguskan empat patung. Terdiri dari dua patung dewa dan dua patung lainnya.

"Ada 4 patung yang terbakar saat kejadian," kata Adi, Sabtu (18/5/2019).


Dua patung dewa yang terbakar yakni Dewa Langit dan Dewa Bumi. Sangkan dua patung lainnya yakni Patung Macan dan Kongco kecil.

Seperti pantauan detikcom di lokasi, kobaran api hampir menghanguskan seluruh bagian bangunan kelenteng yang berusia 150 tahun itu. Si jago merah baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Tidak kurang, ada 6 mobil pemadam yang diterjunkan beserta kendaraan watercanon.


"Untuk kerugian kita taksir sekitar dari Rp 2 miliar," imbuh Adi.

Berbeda dengan Patung Dewa Bumi dan Langit yang turut terbakar, dua patung utama di kelenteng tersebut berhasil diselamatkan jemaat. Yakni Parung Dewa Kong Cos Tan Hu Chin Jin dan Dewa Kwan Im.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed