Kelenteng Terbakar, Patung Dewa Ini Selamat Meski Terbuat dari Kayu

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 18 Mei 2019 17:19 WIB
Seorang jemaat menyelamatkan patung dewa saat kebakaran/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Ada dua patung dewa yang selamat dari kebakaran hebat di Kelenteng Tri Dharma Sumbernaga, Kota Probolinggo. Yakni Patung Dewa Kong Cos Tan Hu Chin Jin dan Dewa Kwan Im.

Kebakaran terjadi pada Jumat (17/5) pukul 23.30 WIB. Kobaran api melalap tiga bangunan kelenteng yang berada di Jalan Wr. Supratman No. 127, Mayangan, Kota Probolinggo.

Si jago merah baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Tidak kurang, ada 6 mobil pemadam yang diterjunkan beserta kendaraan watercanon.


Kebakaran terjadi sehari sebelum Umat Budha merayakan Hari Waisak. Namun di tengah duka mendalam, mereka bersyukur karena dua patung dewa utama di kelenteng tersebut tidak ikut terbakar. Yakni Patung Dewa Utama Kong Cos Tan Hu Chin Jin dan Dewa Kwan Im.

Dewa Kong Cos Tan Hu Chin Jin merupakan leluhur Etnis Tionghoa yang dimuliakan di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya. Patung tersebut selamat dari amukan si jago merah meski terbuat dari kayu.


Ketua II Kelenteng Sumber Naga, Erfan Sujianto membenarkan dua patung di bagian tengah bangunan berhasil diselamatkan. Dua patung tersebut diselamatkan oleh jemaat.

Usai dikeluarkan dari klenteng, Patung Dewa Kong Cos Tan Hu Chin Jin dan Dewa Kwan Im langsung disiram air bersih. Kemudian dibalut kain warna putih dan disimpan di tempat aman.

"Jadi Dewa Kong Cos Tan Hu Chin Jin adalah dewa tuan rumah di kelenteng, Tri Dharma Sumbernaga. Sementara kita simpan dulu di tempat yang aman," kata Erfan, Sabtu (18/5/2019). (sun/bdh)