DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 11:55 WIB

12.880 Elpiji 3 Kg Disiapkan untuk Lebaran 2019 di Probolinggo

M Rofiq - detikNews
12.880 Elpiji 3 Kg Disiapkan untuk Lebaran 2019 di Probolinggo Petugas sedang sidak elpiji 3 kg di Probolinggo/Foto: M Rofiq
Probolinggo - SPPBE Probolinggo menyiapkan 23 truk tabung elpiji 3 kg untuk memenuhi kebutuhan Lebaran 2019. Masing-masing truk berisi 560 tabung.

Guna menjamin ketersediaan pasokan gas elpiji 3 kilogram selama Ramadhan hingga lebaran usai, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melakukan inspeksi mendadak. Sidak dilakukan di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), PT Hakamindo Petrochem, Desa Bulang, Kecamatan Gending.

Dalam sidak tersebut, petugas memastikan berat isi tabung gas 3 kilogram sesuai ukuran. Setiap tabung yang telah dilakukan pengisian ulang, diukur petugas menggunakan timbangan di SPPBE setempat.


Asisten 1 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo M Sidik Wijanarko mengatakan, sidak digelar untuk menjamin masyarakat atas kebutuhan gas bersubsidi ukuran 3 kilogram. Di mana masyarakat benar-benar aman dan kebutuhan tercukupi. Terutama selama Ramadhan hingga Lebaran.

Apabila terjadi kekurangan pasokan gas 3 kilogram di masyarakat, pemerintah akan berkoordinasi dengan SPPBE agar mengeluarkan stok penyangga. Yakni melalui mekanisme sesuai prosedur.

"Apabila nanti ada kekurangan stok, masih ada penyangga yang menyuplainya. namun mekanismenya tidak bisa langsung ambil di sini. Akan tetapi tetap lewat agen-agen kecil," kata Sidik, Jumat (17/5/2019).


Kemudian Manajer PT Hakamindo Petrochem Gunarto menyampaikan, sebagai antisipasi kekurangan pasokan di masyarakat pihaknya akan menerjunkan 23 truk tabung gas elpiji 3 kilogram menjelang lebaran. Masing-masing truk berisi sekitar 560 tabung.

Disinggung terkait sering munculnya isu kelangkaan gas elpiji 3 kilogram, Gunarto menjelaskan kondisi tersebut hanya terjadi di agen-agen kecil saja. Sementara di SPPBE tetap normal.

"Untuk isu kelangkaan itu hanyalah ulah agen-agen kecil saja. Karena di tempat kami tetap berjalan normal, berapa pun permintaan kita tetap suplai asal sesuai prosedur," pungkas Gunarto.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed