DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 03:59 WIB

PT KAI Daop 8 Pastikan Jalur Angkutan Lebaran 2019 Aman

Suparno - detikNews
PT KAI Daop 8 Pastikan Jalur Angkutan Lebaran 2019 Aman Pemeriksaan rel KA Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo - Jelang angkutan Lebaran 2019, PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan inspeksi jalur di wilayahnya. Dalam inspeksi menggunakan kereta khusus ini dilakukan untuk identifikasi langsung titik-titik rawan yang harus dijaga ekstra.

Menurut EVP Daop 8 Surabaya Suryawan Putra Hia mengatakan, titik rawan yang dimaksud bisa berupa daerah rawan banjir, tanah longsor, hingga pelemparan dan vandalisme. Pihaknya pun menyiapkan strategi management risiko yang diberi nama Alat Material Untuk Siaga (Amus) di daerah-daerah yang dipetakan rawan.

"Di wilayah Daop 8 Surabaya terdapat 17 titik daerah yang berpotensi rawan banjir longsor. Bagian dari strategis AMUS tersebut di antaranya penyediaan berbagai macam alat-alat pemelihara jalur rel dan Material seperti karung berisi pasir, batu kricak, potongan rel dan sebagainya, dimana telah disiapkan di 4 titik strategis diantaranya di Bangil, Mojokerto, Wlingi dan Babat," ujarnya kepada detikcom saat dikonfirmasi, Kamis (16/5/2019).

Selain itu, kata Suryawan, dalam hal kesiapsiagaan telah disiapkan petugas ekstra sebanyak 175 orang. Petugas tersebut di antaranya Tenaga Flying Gank, Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) tambahan, Penjaga Jalan Lintasan (PJL) Tambahan, dan petugas posko daerah rawan juga disiagakan di sepanjang lintas KA untuk mencegah terjadinya gangguan.


"Untuk lebih mengoptimalkan keselamatan perjalanan kereta api, PT KAI Daop 8 Surabaya akan menambah jumlah personel ekstra sebanyak 175 orang guna memastikan keandalan jalur rel kereta api. Para petugas ekstra tersebut diantaranya 37 orang Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) ekstra untuk melakukan pengecekan jalur kereta api, 119 orang Petugas Jalan Lintasan (PJL) dan 19 personel tambahan untuk menjaga daerah rawan seperti banjir longsor dan ambles," kata Suryawan.

Dari aspek keamanan, Suryawan mengatakan sudah menyiapkan personel tambahan yang bekerjasama dengan TNI-Polri.

"Dalam rangka Angkutan Lebaran 2019, Kami akan menambah 100 personil keamanan yang berasal dari TNI, Polri, dan unit K9 (anjing pelacak) yang ditempatkan di stasiun dan jalur KA wilayah Daop 8 Surabaya," jelasnya.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan ada 17 titik sudah dipetakan di wilayah yang berpotensi banjir, longsor. Salah satunya antara Stasiun Porong ke Stasiun Tanggulangin. Namun lokasi jalur rel tersebut sudah beberapa kali ditinggikan, hingga saat ini jalur tersebut dinyatakan aman.

"Khusus di Sidoarjo jumlah titik perlintasan ada 100 titik perlintasan terdiri dari yang dijaga opetugas KAI ada 31. Yang dijaga oleh Dishub ada 18, yang dijaga swasta ada 2 dan yang tidak terjaga ada 49. Yang terpenting bahwa palang pintu, penjaga pintu dan sirene hanyalah alat bantu keamanan semata. Alat utama keselamatannya ada di rambu lalu lintas tanda STOP," pungkas Suprapto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +