DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 20:17 WIB

Stok LPG Selama Puasa dan Lebaran di Banyuwangi Dijamin Aman

Ardian Fanani - detikNews
Stok LPG Selama Puasa dan Lebaran di Banyuwangi Dijamin Aman Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V bersinergi dengan Hiswana Migas Banyuwangi menjamin stok LPG di Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini. Bahkan mereka membentuk Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Pengamanan dan pengawasan ini dilakukan semenjak H-30 Lebaran hingga H+15 Lebaran 2019.

"Ada penambahan sekitar 8 persen. Sementara untuk pengawasan distribusi LPG kita bentuk Satgas Lebaran," ujar Agung Kaharesa Wijaya, Sales Executive LPG Rayon VII Pertamina kepada detikcom, saat digelar Silaturahmi & Berbagi, Bright Gas Pertamina Gelar Acara BEDUK (BErbuka Dengan Usaha mikro & Komunitas), di Panti Asuhan YKM Khotijah, Banyuwangi, Kamis (16/5/2019).

Untuk saat ini, kata Agung, stok LPG di Banyuwangi aman. Kalau bulan biasa sekitar 2.737.000 tabung. Penambahan sekitar 8 persen atau sekitar 219 ribu tabung.

"Ini menjadi prioritas kami dalam melancarkan distribusi tepat sasaran. Kami bersyukur bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi terkait dengan antisipasi penyalahgunaan," tambahnya.


Kerjasama itu, kata Agung, terkait dengan sosialisasi penggunaan LPG non subsidi bagi para UKM dan komunitas yang berhasil di beberapa tempat. Untuk saat ini, ada Komunitas UKM SPBU Gajah Mada dan Komunitas Bakul (Banyuwangi Kuliner) yang menggunakan LPG nin subsidi. Diharapkan ini bisa menyeluruh.

Bright Gas merupakan produk LPG Non Subsidi unggulan Pertamina yang memiliki kelebihan dengan adanya teknologi DSVS (Double Spindle Valve System) yang dapat menjaga keseimbangan tekanan gas dan mengurangi tekanan gas yang berlebih dan 2 kali lebih aman dibandingkan dengan tabung LPG lainnya. Disamping itu agar kualitas LPG lebih terjamin, Bright Gas juga dilengkapi dengan seal cap hologram dan fitur OCS (Optical Color Switch) yang telah memperoleh paten dan tidak dapat dipalsukan.

Adapun Elpiji 3 kg bersubsidi diperuntukkan untuk masyarakat yang kurang mampu, usaha mikro, dan nelayan penerima paket konversi. Selain itu, masyarakat yang sudah dalam kategori mampu dihimbau untuk dapat menggunakan LPG non subsidi Pertamina seperti Bright Gas yang juga tersedia di Agen, Outlet, dan Modern Minimarket atau dapat dipesan melalui Pertamina Call Center 135.


Sementara itu, puluhan anak yatim Panti Asuhan YKM Khadijah Banyuwangi mendapatkan berkah di bulan Ramadan ini. Selain berbuka puasa bersama, mereka juga mendapatkan santunan berupa uang tunai, alat tulis, dan LPG Bright Gas kepada panti asuhan anak yatim.

"Dalam kesempatan ini, kami juga mengedukasi pengusaha UKM dan komunitas ini agar dapat menularkan pelaku UKM dan komunitas lainnya untuk dapat menggunakan produk Bright Gas dalam menjalankan usaha kulinernya. Selain itu juga mengedukasi masyarakat dengan menyampaikan cara aman menggunakan tabung LPG dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Agung.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed