DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 16:42 WIB

Viral, Penjaga Perlintasan Kereta Api di Mojokerto Gebuki Biker

Enggran Eko Budianto - detikNews
Viral, Penjaga Perlintasan Kereta Api di Mojokerto Gebuki Biker Foto: Screenshot
Mojokerto - Rekaman video seorang pengendara sepeda motor (biker) digebuki penjaga perlintasan kereta api (KA) di Mojokerto, menjadi viral di media sosial. Penyebabnya si biker ngotot melalui perlintasan tanpa palang pintu tersebut saat KA sudah cukup dekat.

Video ini direkam pengendara lainnya di perlintasan tanpa palang pintu Dusun Damarsi, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. Dalam video tersebut telihat seorang pengedara motor Yamaha Mio warna hitam nekat menyeberangi perlintasan KA.

Padahal saat itu sirine tanda KA akan melintas sudah berbunyi. Terlihat dua pemuda penjaga perlintasan sudah berdiri menghalau para pengendara agar berhenti. Pria yang memakai jaket hitam, celana jeans biru dan helm putih ini masih ngotot ingin melintas. Saat ini, si pemotor dari arah selatan ke utara atau dari arah Bangsal menuju ke Desa Kepuhanyar.


Sontak saja dua pemuda penjaga perlintasan KA itu memukulnya mundur. Pemuda berkaus hitam memukul helm pemotor tersebut menggunakan tongkat bendera merah. Sementara pemuda satunya yang memakai topi, menendang motor pria tersebut hingga hampir terguling.

Benar saja sekitar 25 detik kemudian, KA melintas kencang dari arah barat ke timur atau dari arah Jombang menuju ke Surabaya. Sejurus kemudian, pengendara motor yang belum diketahui identitasnya itu terlihat meminta maaf ke kedua penjaga perlintasan.

Video berdurasi 42 detik ini menjadi viral di media sosial. Seperti yang diposting akun facebook Muhammad El Ubaid Musthofa, Rabu (15/5) pukul 16.17 WIB. Sampai sore ini, video tersebut menuai 5.767 like, serta dibagikan puluhan kali oleh warganet. Sementara komentar netizen sebagian besar membenarkan tindakan kedua penjaga perlintasan KA.


"Keras demi keselamatan," tulis akun Norma Iku Ny Sai dalam kolom komentar postingan tersebut yang dilihat detikcom, Kamis (16/5/2019).

Komentar senada ditulis akun Putra Marindra. "Nyawamu itu pak taruhanya, jangan salahkan mereka yang telah menendang motormu. Buru-buru boleh, tapi juga harus berpikir cerdas," ujarnya.

Penjaga perlintasan KA dalam video tersebut adalah Muhammad Ridwan (27) dan Adi Gunawan (20). Keduanya warga Dusun Damarsi, Desa Kepuhanyar. Ridwan menuturkan, insiden dalam video tersebut terjadi kemarin siang sekitar pukul 11.00-12.00 WIB.

"Saat itu kereta dari arah barat mau melintas, sudah sangat dekat, sekitar 100 meteran," terang Ridwan.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed