detikNews
Kamis 16 Mei 2019, 10:05 WIB

Saat Polisi Lamongan Pukul Kentongan dan Bawa Obor Bangunkan Sahur

Eko Sudjarwo - detikNews
Saat Polisi Lamongan Pukul Kentongan dan Bawa Obor Bangunkan Sahur Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung dan jajaran sedang patroli sahur/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Polres Lamongan terus berupaya meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dengan berbagai cara. Terakhir, polisi lamongan berpatroli jalan kaki sambil membangunkan sahur.

Aksi patroli dan bangunkan sahur langsung dipimpin Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung. Aksi tersebut diikuti para perwira dan jajarannya, dan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Tidak sedikit warga yang rumahnya kebetulan dilewati patroli di Kelurahan Temenggungan Kecamatan Lamongan Kota, tampak bangun dan keluar rumah. Mereka menikmati alunan musik patrol melalui kentongan dan nyanyian lagu sahur yang dimainkan secara rancak oleh polisi.

"Bangun Bapak Ibu, sahur-sahur, ini sudah waktunya sahur," teriak AKBP Feby, Kamis (16/5/2019) dini hari.


Menururut Feby, kegiatan patroli jalan kaki sambil membangunkan sahur merupakan program dari Kapolda Jawa Timur. Yakni ikut andil dalam meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Dipilihnya patroli jalan kaki sambil membangunkan sahur ini, kata Feby, sebagai upaya Polri untuk terus mendekatkan diri dengan masyarakat. Barangkali ada masyarakat yang perlu dibantu dalam kerangka meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

"Ini program Bapak Kapolda untuk terus meningkatkan Kamtibmas dengan patroli jalan kaki dan membangunkan masyarakat untuk makan sahur, serta untuk menyerap aspirasi apabila masyarakat menyampaikan sesuatu dengan pelayanan kita, dan hal-hal lainnya yang perlu ditindaklanjuti," ujarnya.

Giat patroli jalan kaki dan membangunkan sahur baru dilakukan Polres Lamongan sejak puasa dimulai pada 6 Mei 2019 lalu. Giat serupa akan kembali dilakukan hingga selesainya bulan Ramadhan.


"Kegiatan hari ini semestinya hanya dilakukan pada hari ini saja (Kamis red), karena antusias masyarakat, kegiatan ini akan kembali digelar rutin sampai bulan Ramadhan usai," imbuhnya.

Patroli sahur dimulai pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB. Pihak kepolisian kemudian sahur on the road bersama ratusan anggota komunitas otomotif di Jalan Raya Lamongrejo. Tepatnya depan kantor LP Ma'arif Lamongan.

Saat disinggung makan sahur bersama ratusan anggota komunitas motor dan mobil di Lamongan, Feby mengatakan itu sebagai upaya memupuk kebersamaan Polri dengan komunitas masyarakat. Selain itu, momen tersebut juga bisa digunakan untuk berkampanye keselamatan berlalu lintas.

"Ya momen makan sahur ini juga kita manfaatkan untuk sosialisasi lalu lintas. Agar pengguna kendaraan bisa mengendarai kendaraannya dengan baik selamat dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas," pungkasnya.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com