DetikNews
Rabu 15 Mei 2019, 16:20 WIB

Gubernur Khofifah Panen Melon Kotak dan Berbentuk Hati di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Gubernur Khofifah Panen Melon Kotak dan Berbentuk Hati di Sidoarjo Gubernur Khofifah saat panen melon/Foto: Suparno
Sidoarjo - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa panen melon berbentuk kotak dan hati. Panen melon bersertifikat prima itu di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (PATPH), Sidoarjo.

"Sebelumnya beberapa hari yang lalu melakukan panen raya melon di Tuban. Hasilnya sangat menguntungkan petani meskipun melonnya biasa," kata Khofifah kepada wartawan usai memetik melon yang berbentuk kotak dan hati di Sidoarjo, Rabu (15/5/2019).

Mantan Menteri Sosial itu kemudian meminta inovasi melon bersertifikat prima dari UPT PATPH itu diajarkan ke petani di Jawa Timur. Seperti kepada petani di Tuban yang harga melonnya hanya Rp 6 ribu/kg.


"Sementara melon bersertifikat prima yang berbentuk kotak dan hati ini harganya tiga kali lipat dari melon biasa yakni Rp 18.000 per kilogram. Secara otomatis sangat menguntungkan petani," tambah Khofifah.

Melon berbentuk hati dan kotak/Melon berbentuk hati dan kotak/ Foto: Suparno

UPT PATPH harus segera memberikan penyuluhan terhadap petani, terkait pembudidayaan melon bersertifikat prima. Menurut Khofifah, permintaan pasar akan lebih besar karena selain rasanya yang manis, bentuknya pun menarik.


"Melon yang bulat, kemudian dari bulat menjadi melon kotak dan melon hati. Itu akan semaking meningkatkan permintaan pasar serta menambah keuntungan petani," tambahnya.

Bahkan Khofifah yakin, akan banyak pembeli yang justru terpikat karena bentuk melon bersertifikat prima yang unik. Kemudian mereka penasaran dengan rasanya dan membelinya.

"Pada umumnya buah melon itu semua sama. Tapi melihat bentuknya memiliki kelebihan tersendiri, dan para pembeli akan penasaran dari bentuk ahkirnya akan membelinya," pungkas Khofifah.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed