DetikNews
Senin 13 Mei 2019, 23:55 WIB

Tim Satgas Pangan Sidoajo Cek Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

Suparno - detikNews
Tim Satgas Pangan Sidoajo Cek Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Satgas Pangan Sidoarjo Blusukan ke Pasar/Foto: Suparno
Surabaya - Tim Satgas Pangan Sidoarjo mewaspadai kenaikan harga kebutuhan pokok saat ramadhan dan menjelang lebaran.

Kebutuhan pokok yang akan dicek harganya yakni, beras, gula, migor, daging sapi dan ayam, bawang merah serta putih.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris mengaku harga-harga kebutuhan pokok saat ini masih stabil. Bahkan harga bawang putih sebelum puasa sempat meroket, saat ini harga bawang putih cenderung turun.

"Harga bawang putih cenderung turun, sebelum ramadhan mencapai kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu. Saat ini turun dratis sekitar Rp 33 ribu/kg," kata kasat kepada wartawan di Pasar Larangan, Sidoarjo, Senin (13/5/2019).


Dia menambahkan, ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan. Namun kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan. Seperti ikan ayam, beras, gula. Sementara gula naik Rp 1.000 dari Rp 10.500 sekarang Rp 11.500. Untuk beras medium dan premium hanya naik Rp 200/kg.

"Ikan ayam naik kisaran Rp 5 ribu/kg. Dari awalnya Rp 30 ribu, sekarang menjadi Rp 35 ribu/kg," tambahnya.

Dengan menggandeng Disperindag, Bulog, dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perikanan, pihaknya akan mengecek harga ke pasar-pasar tradisional. Tim akan melakukan pengecekan seminggu sekali selama bulan Ramadhan.

"Selain ke pasar tradisionil, kami akan mengecek ke tempat distributor. Dikawatirkan ada penimbunan bahan kebutuhan pokok tersebut, sampai saat ini stok kebutuhan pokok maaih mencukupi," jelasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed