DetikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 18:31 WIB

Kembangkan Giliyang, Gubernur Jatim Bangun Akses Menuju Wisata Kesehatan

Ahmad Rachman - detikNews
Kembangkan Giliyang, Gubernur Jatim Bangun Akses Menuju Wisata Kesehatan Gubernur Khofifah di Sumenep/Foto: Ahmad Rachman
Sumenep - Pengembangan destinasi wisata kesehatan di Pulau Giliyang Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, terus dilakukan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan pembangunan dua pelabuhan.

Yakni, Pelabuhan Dungkek dan Pelabuhan Giliyang. Giliyang adalah satu-satunya pulau di Indonesia yang memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia. Sejak beberapa tahun lalu pemerintah pusat mempromosikan Pulau Giliyang sebagai wisata kesehatan satu-satunya di Indonesia.

Pembangunan pelabuhan itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Sumenep A Busro Karim.

Bantuan pembangunan pelabuhan yang menelan anggaran Rp 60 miliar itu, meliputi dua pelabuhan yang berada di Pelabuhan Kecamatan Dungkek dan di Pulau Giliyang. Ini akan menambah aksesibiltas menuju destinasi wisata kesehatan satu-satunya di Indonesia ini.

"Kita sudah melakukan hitung-hitungan anggaran yang dibutuhkan sekitar 60 Miliar," kata Gubernur jatim Khofifah Indar Parawansa, setelah meletakkan batu pertama di dampingi Bupati Sumenep A. Busro Karim, Sabtu (11/05/2019).


Khofifah berharap, dana pembangunan dua pelabuhan dari APBD Provinsi 2019 itu pembangunannya bisa final dalam 6 bulan kedepan. Sehingga bisa mendukung pengembangan wisata kesehatan di Kabupaten Sumenep.

"Saya berharap perencanaan, pelaksanaan dan finalisasi pembangunan pelabuhan 6 bulan selsai," terangnya.

Sementara Bupati Sumenep A. Busro Karim mengaku berterima kasih kepada Pemprov Jatim karena akan ada pelabuhan besar.

"Kami berterima kasih pemerintah provinsi akan membuatkan pelabuhan di Sumenep. Mudah-mudahan perekonomian akan lebih maju," jelas bupati.

Namun dirinya mengharapkan ada perhatian lebih dari pemerintah terhadap 5 pelabuhan besar. Yakni, Pelabuhan Kalianget, Ra'as, Kangean, Sapeken dan Masalembu.

"Saya harapkan pemerintah juga memperhatikan 5 pelabuhan di Sumenep ini. Karena kondisinya sebagain rusak. Seperti Pelabuhan Kalianget, Pelabuhan Pulau Ra'as dan Pelabuhan Batu Guluk Pulau Kangean," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed