Ngabuburit Asyik Polisi Lamongan, Bagi-bagi Takjil Sambil Selawatan

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 23:08 WIB
Polisi Lamongan saat menghibur pengguna jalan dengan kesenian hadrah/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Ngabuburit asyik digelar Polres Lamongan. Tak hanya bagi-bagi takjil gratis, mereka juga menghibur pengguna jalan dengan kesenian Hadrah.

Awalnya aksi bagi-bagi takjil digelar Satlantas, kini acara ngabuburit itu juga diikuti Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung. Bahkan ia ikut membagi-bagikan ratusan nasi kotak dan takjil tersebut sambil sesekali memasangkan helm pada pengendara roda dua.

Feby melibatkan seluruh unsur di Polres dalam aksi bagi-bagi takjil di pertigaan Tugu Adipura Jalan Lamongrejo - Jaksa Agung Suprapto - Panglima Sudirman. Tak hanya anggota polres, Nasi Bungkus Community (NBC) yang didominasi kaum hawa juga dilibatkan.

Hari kedua aksi bagi-bagi takjil jauh lebih meriah. Pihak kepolisian turut melibatkan grup hadrah Ahbaabul Musthofa yang bersenandung syair selawat.


"Ini kita laksanakan secara continue atau selama berjalannya operasi. Sambil berkampanye keselamatan berkendara," kata Feby pada wartawan, Jumat (10/5/2019).

Selain membagikan takjil kepada pengguna jalan, polisi juga memberikan helm kepada pengendara motor yang kedapatan tidak memakai helm. Hadiah helm tersebut langsung disematkan Feby.

"Pak jangan diulangi ya, jadi harus memakai helm dan helm harus dikunci sampai bunyi klik saat berkendara," pesan Feby pada salah satu pelanggar, Hamim.

Ada beberapa pengendara motor yang kedapatan tidak memakai helm dan mendapatkan helm pihak kepolisian. Feby selalu tersenyum saat memberikan helm pada pengendara motor sambil menyelipkan pesan mengenai pentingnya menjaga keselamatan.


"Keselamatan itu sangat penting," imbuhnya.

Feby menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari sosialisasi operasi keselamatan Semeru dalam berlalu lintas. "Pemberian helm ini sebagai peringatan agar pengendara selalu tertib berkendara," lanjutnya

Dalam acara ngabuburit tersebut, pihak kepolisian membagikan setidaknya seribu nasi bungkus dan takjil pada para pengendara. Selain itu, mereka juga membagikan seratus helm kepada pengendara yang kedapatan tidak menggunakan pelindung kepala.

Salah Seorang pengemudi truk dari Surabaya yang akan menuju ke Bojonegoro Eko mengaku senang dengan aksi ngabuburit polisi Lamongan. Eko mengaku bisa mendapatkan takjil gratis dan menikmati selawat meski hanya sejenak karena harus melanjutkan perjalanan.

"Senang. Kebetulan juga sudah masuk waktu berbuka," kata Eko. (sun/bdh)