Menikmati Indahnya Pantai Bohai Sambil Menunggu Magrib

M Rofiq - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 17:14 WIB
Pengunjung sedang ngabuburit di Pantai Bohai/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Saat Ramadhan, Pantai Bohai di Probolinggo menjadi salah satu tempat untuk ngabuburit atau bersantai menunggu azan magrib. Pantai yang kerap menyuguhkan pemandangan indah saat matahari terbenam itu berada di sisi sebelah barat area pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Paiton.

Lautnya yang biru tampak harmoni dengan hijaunya pepohonan di tepi pantai. Seperti nama Pantai Bohai yang diambil dari kata Binor Harmony.

Pantai Bohai semakin tampak cantik saat kerlap-kerlip lampu di PLTU Paiton menyala. Pantai tersebut berada di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Lokasinya terbilang mudah dijangkau karena terletak di tepi sebelah utara jalur Pantura Probolinggo-Situbondo.


Selain menyuguhkan panorama alam, di Pantai Bohai juga terdapat spot-spot menarik untuk mengambil foto. Seperti wahana rumah apung, terumbu karang, rumah ikan, donat boat, speed boat, snorkling, diving, mancing dan mangrove.

Pengelola Pantai Bohai Komar mengatakan, ada sekitar lima ratus hingga seribu pengunjung per hari yang datang ke pantai tersebut. Saat Ramadhan, pada umumnya pengunjung datang di sore hari.

"Banyak sore hari yang datang. Ya untuk ngabuburit dan saat azan magrib baru pulang. Paling banyak ya warga sekitar sini," kata Komar, Jumat (10/5/2019).

Sementara bagi pengunjung yang masih betah berlama-lama di Pantai Bohai bisa sekalian berbuka puasa. Di pantai tersebut ada penjual ikan bakar yang harga per porsinya berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu.


Salah satu pengunjung yang sedang ngabuburit Nur Khofifah mengaku betah berlama-lama di Pantai Bohai. Selain lautnya indah, suasana alam yang masih asri membuat Nur malas beranjak pulang.

"Bagus pantainya, apalagi spot-spot sekitarnya yang indah, keren untuk foto-foto selfie. Apalagi malam hari, cahaya lampu di areal PLTU Paiton terlihat indah," kata Nur.

Untuk saat ini pengunjung yang berlibur ke Pantai Bohai tidak dikenakan tarif masuk atau gratis. Hanya saja pengunjung yang membawa kendaraan dibebani biaya parkir sebesar Rp 2 ribu untuk motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. (sun/bdh)