Dua Form Keberatan Capres 02 dan Gerindra akan Dibawa ke KPU RI

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 16:59 WIB
Ketua KPU Jatim Choirul Anam (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - KPU Jatim telah mengantongi dua form DC2 atau form keberatan di tingkat provinsi. Nantinya form DC2 akan dibawa ke KPU RI untuk ditindaklanjuti.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan form DC2 pertama berasal tim pasangan calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sementara untuk form DC2 kedua dari Partai Gerindra.

Anam menambahkan tim paslon 02 meminta sejumlah berkas dari KPU Jatim. Berkas tersebut misalnya dokumen A5 hingga C7. Anam mengatakan pihaknya tak bisa memenuhi hal ini, pasalnya ada lebih dari 200 ribu dokumen A5. Sementara dokumen C7 ada di 130.010 TPS di Jatim.


"Mereka meminta dokumen 200 ribuan dokumen A5 kepada kita, juga meminta C7. C7 daftar itu hadir di 130.010 TPS. Tentu ini tidak mungkin langsung kita tindak lanjut. Karena A5 dan C7 ini di dalam kotak. Kemudian DC2 dari Partai Gerindra terkait DPR RI. Nanti akan kita bahas kita sampaikan ke KPU RI," kata Anam ditemui di sela rekapitulasi di Hotel Singgasana Surabaya, Jumat (10/5/2019).

Anam mengakui selama rekapitulasi memang banyak protes yang disampaikan saksi paslon, saksi parpol, hingga Bawaslu. Keberatan ini kemudian dibagi menjadi dua, yang dapat diselesaikan langsung dan keberatan yang penyelesaiannya membutuhkan waktu.

"Sementara yang tidak bisa kita tindak lanjut itu, kemudian kita lakukan proses DC2 pengisian form keberatan di provinsi atau menyampaikan laporan ke Bawaslu Provinsi. Nanti bawaslu provinsi apapun keputusannya akan kita lakukan," imbuhnya.

Tak hanya itu, Anam mengaku untuk keberatan yang dapat diselesaikan langsung memang telah usai. Misalnya keberatan yang dilayangkan Partai Demokrat.


"Yang sudah kita tindak lanjut yang sudah ada laporan di awal, ada yang masuk keberatan di tingkat kabupaten atau kota maupun laporan di Bawaslu," lanjut Anam.

Hingga kini, proses rekapitulasi suara masih berlanjut. Saat ini masih tersisa dua kabupaten yang sedang melakukan proses rekapitulasi yakni Kabupaten Sampang dan Kabupaten Bangkalan.

"Kita berharap paling tidak malam ini untuk Bangkalan dan Sampang bisa terselesaikan sehingga proses rekap di KPU Provinsi bisa clear dan kita segera ke Jakarta untuk melakukan rekap tingkat nasional," harap Anam. (hil/iwd)