detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 13:05 WIB

Perbaikan Jalur Mudik Malang-Blitar Diprediksi H-10 Lebaran Tuntas

Muhammad Aminudin - detikNews
Perbaikan Jalur Mudik Malang-Blitar Diprediksi H-10 Lebaran Tuntas Perbaikan jalan di Malang-Blitar/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Perbaikan jalan Malang-Blitar untuk ruas Kebonagung-Pakisaji, Kabupaten Malang dikebut. Pengerjaan ditargetkan tuntas H-10 Lebaran nanti. Akibatnya, arus lalu lintas terpaksa dibuat bergiliran hingga kepadatan kendaraan mengular.

Pantauan detikcom, alat berat mondar-mandir menambah ketebalan badan jalan, dibantu para pekerja PT Adhi Karya selaku pelaksana proyek. Jika nanti tuntas, maka ruas jalan Kebonagung-Kepanjen akan lebih tinggi daripada sebelumnya.

Supervisor PT Adhi Karya Ratno mengatakan, untuk mengejar target pada H-10 Lebaran nanti, pihaknya harus bekerja siang malam.

"Kalau tidak dikebut siang malam, target tidak akan selesai nanti. Karena H-10 perbaikan tuntas dan baru dilanjutkan selesai Lebaran nanti," ungkap Ratno ditemui di lokasi, Jumat (10/5/2019).


Dalam pengerjaannya, kata Ratno, dibagi untuk beberapa spot. Jika ditotal, peningkatan jalan mulai Kebonagung-Kepanjen adalah sepanjang 8 KM.

"Total 8 KM yang diperbaiki. Mulai dari Kebonagung sampai gapura masuk Kepanjen, Kabupaten Malang. Untuk mengerjakannya, kami membagi beberapa spot," terangnya.

Penebalan dilakukan sampai tiga lapis untuk lebar jalan sepanjang 7 meter. Karena itu, pengerjaan cukup menguras banyak waktu.

Tak hanya itu, pada sejumlah titik harus dilakukan pembongkaran pondasi jalan. Untuk membuat kembali konstruksi badan jalan, tujuannya, agar badan jalan tidak mudah rusak ketika selesai dilakukan perbaikan.

"Ada beberapa titik yang harus dibongkar untuk pondasi. Ini untuk memperkuat kontruksi badan jalan ketika nanti diatasnya diperbaiki," tegas Ratno.

Sebelumnya, ruas jalan Kebonagung-Kepanjen mengalami kerusakan cukup parah. Selain berlubang, kondisi badan jalan juga bergelombang sehingga banyak dikeluhkan pengguna jalan.

Selama hampir 3 tahun hanya dilakukan perbaikan dengan cara tambal sulam. Baru mulai, bulan kemarin perbaikan secara total digelar. Bukan saja menyasar median jalan, melainkan juga menambah lebar jalan dengan cor. Drainase di sisi kanan kiri ruas jalan juga diperbaiki.


Simak Juga 'Mudik Lebaran, Ini Skenario Sistem Satu Arah Tol Trans Jawa':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed