DetikNews
Jumat 10 Mei 2019, 12:01 WIB

Dishub Lamongan Kerahkan Relawan Jaga 35 Perlintasan KA Tak Berpalang Pintu

Eko Sudjarwo - detikNews
Dishub Lamongan Kerahkan Relawan Jaga 35 Perlintasan KA Tak Berpalang Pintu Perlintasan rel KA tak berpalang pintu/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Jika melintas di wilayah Lamongan, ada baiknya memperhatikan beberapa titik perlintasan rel kereta api (KA). Sebab, dari 45 titik perlintasan rel KA, namun hanya ada 2 lokasi yang berpalang pintu dan berpenjaga.

Kepala Seksi Angkutan Sungai dan Jalan Rel Dishub Lamongan, Elly Widyaastuti membenarkan ada 45 perlintasan rel KA di wilayahnya.

"Ada sebanyak 45 perlintasan rel KA di Lamongan mulai dari Kecamatan Deket hingga Kecamatan Babat. Namun hanya 2 perlintasan yang berpalang pintu dan berpenjaga," kata Elly kepada wartawan di kantornya, Jumat (10/5/2019).


Selain 2 perlintasan KA, jelas Elly, 11 perlintasan berpenjaga yang disediakan Dishub Lamongan. "11 Titik perlintasan KA yang berpenjaga ini di antaranya di Desa Sawo, Plaosan, Moropelang, Warukulon, Tanggungan, Semlaran, depan Unisda, Jalan Pahlawan, Dapur, Keset dan Desa Deket," ujar Elly merinci.

Di 11 titik ini, lanjut Elly, ada sebanyak 21 orang petugas palang pintu yang digaji Dishub Lamongan. Mereka berjaga secara bergantian.

Sedangkan 35 perlintasan rel KA lainnya, lanjut Elly, tidak berpenjaga. Dan menjelang arus mudik dan arus balik, Dishub Lamongan akan melibatkan relawan untuk menjaga perlintasan tak berpalang pintu.


"Seperti tahun lalu, kita akan ada relawan dari desa yang terdekat dari perlintasan KA," terang Elly.

Menurutnya. dengan melibatkan relawan penjaga perlintasan ini sebagai upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan yang kerap terjadi di perlintasan KA saat arus mudik maupun arus balik.

"Para relawan ini nantinya bertugas mulai saat arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri sampai arus balik selesai," pungkasnya.



Simak Juga 'Terobos Palang Pintu Kereta, 'Emak-emak Matic' Terjungkal':

[Gambas:Video 20detik]


(/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed