detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 04:10 WIB

Keluh Perajin Hijab Lamongan yang Sepi Pesanan Saat Ramadhan

Eko Sudjarwo - detikNews
Keluh Perajin Hijab Lamongan yang Sepi Pesanan Saat Ramadhan Perajin hijab di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Antusiasme konsumen terhadap busana Muslim, khususnya hijab cenderung sepi di Lamongan. Meski sudah memasuki Ramadhan, perajin belum merasakan adanya peningkatan jumlah pesanan.

"Biasanya awal puasa seperti ini sudah banyak pesanan dari Pasar Pabean Surabaya. Tapi sekarang masih belum ada peningkatan," kata salah seorang pengusaha dan perajin hijab dari Dusun Kedurungan, Desa Dukuhtunggal, Kecamatan Glagah, Haji Anwar, Jumat (10/5/2019)

Anwar menyampaikan, antusiasme konsumen terhadap busana Muslim, khususnya hijab cenderung menurun sejak 2 tahun terakhir. Bahkan saat memasuki Ramadhan pun, Anwar tidak merasakan adanya peningkatan pesanan.


Menurutnya, jumlah pesanan di awal Ramadhan sama saja dengan hari-hari biasa."Dua tahun terakhir ini memang sepi. Hanya sekitar 20-40 kodi yang itu pun sama saja dengan hari-hari biasa," imbuhnya.

Anwar kemudian membandingkan pesanan hijab saat ini dengan kondisi 3 tahun lalu. Menurut Anwar kala itu ia sudah kebanjiran pesanan sejak awal Ramadhan.

"Dulu saat permintaan masih tinggi, bisa 100 sampai 200 kodi saat awal-awal Ramadhan," tambahnya.


Anwar menambahkan, banyaknya pengusaha atau perajin hijab yang baru membuat pesanan yang datang pada dirinya kian menurun. Kemudian menurutnya, pesanan juga menurun lantaran Ramadhan tahun ini bertepatan dengan tahun ajaran baru sehingga banyak yang lebih mengutamakan membeli kebutuhan sekolah. Anwar yakin jika penurunan pesanan hijab tidak hanya terjadi di Lamongan tapi juga di daerah lain.

"Banyak juragan, terus mendekati tahun ajaran baru juga pengaruh, karena konsumen beralih ke keperluan sekolah anaknya," kata Anwar.

Kini Anwar dan sejumlah pengusaha kecil perajin hijab yang ada di Kecamatan Glagah berharap akan ada pesanan melimpah menjelang Lebaran. "Mudah-mudahan nanti pas mau lebaran bisa ada pesanan yang banyak lagi," pungkas Anwar.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com