DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 14:41 WIB

Pertamina Siapkan SPBU Kantong di 9 Kota di Jatim Saat Mudik Lebaran

Muhammad Aminudin - detikNews
Pertamina Siapkan SPBU Kantong di 9 Kota di Jatim Saat Mudik Lebaran Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus Rustam Aji/Foto: Istimewa
Malang - Pertamina menyiapkan belasan SPBU kantong di sejumlah titik untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar saat mudik Lebaran nanti. Kemudian SPBU modular juga dibuka di ruas Tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus Rustam Aji mengatakan, Pertamina berupaya mengoptimalkan stok dan distribusi BBM selama Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. Distribusi stok wilayah Jawa Timur akan dipasok dari enam terminal BBM yang ada.

"Sebagai antisipasi apabila terjadi kemacetan parah pada arus mudik nanti, Pertamina akan menyiagakan mobil tangki di 15 SPBU kantong di Jombang, Probolinggo, Lumajang, Malang, Batu, Ngawi, Pacitan, Nganjuk, dan Jember," kata Rustam Aji dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (8/5/2019).

Menurutnya, stok BBM juga disiapkan untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol. Pertamina menyiapkan 8 SPBU dan SPBU Modular di jalur tol sepanjang Surabaya-Ngawi.


"Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 8 SPBU," imbuh Rustam Aji.

Pertamina juga membentuk tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019. Mereka akan bertugas sejak tanggal H-15 hingga H+15.

Tim Satgas itu akan berperan khusus dalam memantau dan mengkoordinasikan penyaluran BBM dan LPG. Mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan. Sehingga ketersediaan BBM dan LPG di masyarakat dapat terus terpenuhi.

Rustam Aji mengungkapkan, konsumsi normal harian BBM jenis Gasoline (premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo) di wilayah Jawa Timur sebesar 12.900 kilo liter (KL) per hari. Sedangkan untuk Gasoil (solar, dexlite serta Pertamina dex) berada pada kisaran volume 5.900 KL per hari.

Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi produk Gasoline sebesar 12 persen selama Ramadhan hingga Lebaran nanti. Sedangkan produk Gasoil justru mengalami penurunan konsumsi sekitar 8 persen seiring pelarangan berat pada mudik dan arus balik.


"Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Rabu (29/5/2019) dan Jumat (31/5/2019) dengan peningkatan konsumsi Gasoline tertinggi mencapai 41 persen," tambah Rustam.

Sementara puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8-9 Juni 2019 dan gelombang mudik berikutnya pada 15-16 Juni 2019. Untuk warga lokal juga dimungkinkan melaksanakan perjalan di H-1 atau 4 Juni 2019. Demikian juga arus wisata diprediksi akan dimulai di H+1 pada Kamis 6 Juni 2019 dengan tujuan Malang, Banyuwangi hingga Bali.

Rustam Aji juga menyebutkan distribusi LPG, pada kondisi normal rata-rata konsumsi untuk LPG di Jatim yaitu sebesar 5.070 Metric Ton (MT) per hari. Pertamina memprediksi konsumsi LPG akan mengalami kenaikan pada Ramadhan dengan estimasi angka mencapai 5.520 MT per hari atau naik sebesar 9 persen dari konsumsi normal.

"Di Jawa Timur, jumlah Agen Siaga mencapai 352 untuk LPG 3 kg dan 64 agen untuk LPG Non-subsidi. Sedangkan Pangkalan Siaga LPG 3 kg mencapai 3.800, termasuk SPBU yang menyediakan LPG 3 kg," Pungkas Rustam.


Tonton juga video Pemprov DKI Jakarta Sediakan Mudik Gratis, Apa Syaratnya?:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed