detikNews
Selasa 07 Mei 2019, 16:05 WIB

Lubang Menganga Ini Tanggung Jawab Pemerintah Madiun dan Ngawi

Sugeng Harianto - detikNews
Lubang Menganga Ini Tanggung Jawab Pemerintah Madiun dan Ngawi Jalan rusak di perbatasan Madiun-Ngawi/Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Jalan rusak sepanjang 5 Km di Kabupaten Madiun tak kunjung diperbaiki dikeluhkan warga. Rusaknya Jalan Raya Kajang, di Kecamatan Sawahan tersebut menjadi tanggung jawab kedua pemerintah kabupaten.

"Perempatan Budug ke utara itu masuk Ngawi. Ke timur arah jembatan Kajang masuk Madiun. Ke selatan arah Sawahan masuk Madiun. Ke barat arah Magetan sampai dengan jembatan masuk Ngawi. Jadi dua wilayah sebenarnya," terang Camat Sawahan Tarji saat dihubungi detikcom, Selasa (7/5/2019).

Meskipun namanya Jalan Raya Kajang Sawahan, kata Tarji, namun ada sekitar 1.5 Km masuk wilayah Ngawi. Yang masuk wilayah Ngawi, lanjut Tarji, yakni wilayah Desa Budug Kecamatan Kwadungan.

"Yang masuk Ngawi kurang lebih segitu (1.5 Km) dan diapit Kabupaten Madiun masuk Desa Kajang wilayah saya," katanya.

Sementara Kades Budug Kecamatan Kwadungan Mardjuki saat dihubungi detikcom mengaku prihatin dan dilema dengan kondisi jalan tersebut. Bahkan jika kedua wilayah Madiun dan Ngawi tidak mau memperbaiki jalan, dirinya akan melakukan perbaikan dengan catatan akan memberi portal.

"Tanahe kidul dalan karo lor dalan (tanah selatan dan utara jalan) ikut Ngawi, tapi jalanannya Jalan Raya Kajang Sawahan Madiun," ujar Mardjuki.

Jalan rusak ini masuk wilayah Madiun dan Ngawi/Jalan rusak ini masuk wilayah Madiun dan Ngawi/ Foto: Sugeng Harianto

Saat ditanya apakah sudah pernah melapor ke pihak Dinas PU Kabupaten Ngawi, Mardjuki enggan melapor. Alasannya, jalan tersebut masuk Jalan Raya Kajang Madiun.

"Jalannya, Jalan Raya Kajang Madiun masak saya lapor ke PU Ngawi," tandasnya.

Jalan Raya Kajang sepanjang 5 KM di Kecamatan Madiun dan Sawahan itu rusak parah. Kubangan besar menganga di sepanjang jalan. Padahal jalan tersebut merupakan jalan kabupaten yang menuju jalan nasional Surabaya-Madiun. Jalan tersebut juga menuju arah gerbang tol Madiun di Dumpil, Desa Bagi, Kecamatan Madiun.

"Haduh ampun ini jalan bisa bikin goyang badan. Banyak kubangan jalan rusak," kata salah satu pengendara mobil Santi (35) saat melintas di Jalan Raya Desa Bagi, Kecamatan Madiun.

Kepala Dinas PU Kabupaten Madiun Arnowo mengaku belum mengetahui kondisi jalan yang rusak parah di Kecamatan Madiun dan Sawahan. Pihaknya baru akan menerjunkan tim untuk mengecek kondisi jalan tersebut.

"Kita turunkan tim ke lapangan nanti, Jalan Sawahan dan Bagi ya," terangnya saat dihubungi detikcom.

Jalan tersebut juga merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Madiun dengan Magetan dan Ngawi. Jalan rusak sepanjang sekitar 5 km melintang di Desa Bagi, Kajang dan Pule.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed