Pengamanan Rekapitulasi KPU Jatim, Jibom Hingga Sniper Disiagakan

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 06 Mei 2019 19:37 WIB
Kapolda Jatim memantau pengamanan rekapitulasi KPU Jatim (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 KPU Jawa Timur sudah berlangsung dua hari ini. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyempatkan langsung memantau pengamanan di lokasi.

"Alhamdulillah kami sampaikan untuk di tingkat kabupaten seluruh pelaksanaan penghitungan tidak ada masalah. Ada masalah-masalah kecil namun bisa diselesaikan oleh panitia," kata Luki kepada awak media, Senin di Hotel Singgasana Surabaya (6/5/2019).

Menurut Luki, pada pengamanan proses penghitungan ini, pihaknya telah menyiapkan tiga klub. Dengan rincian masing-masingnya berisikan 170 anggota.


"Satu klubnya 170 anggota, yang menetapnya 100 orang yang memang penuh di sini," ujar Luki.

"Kami juga monitor pejabat-pejabat yang memang diundang ada di dalam. Kami terus mengamati dan alhamdulillah jalannya penghitungan di tingkat provinsi berjalan lancar. Masalah semua bisa diselesaikan oleh penyelenggara," lanjutnya.


Dikatakan Luki, selain menyiapkan pengamanan berlapis di tiap ringnya, pihaknya juga telah menerjunkan tim penjinak bom dan penembak jitu yang telah ditempatkan di beberapa titik. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses rekapitulasi.

"Pasukan bom, teror ada semuanya. Ada beberapa penembak jitu juga kita siapkan di satu tempat," pungkasnya. (fat/iwd)