detikNews
Senin 06 Mei 2019, 13:48 WIB

Awas..! Terobos Palang Pintu KA di Madiun akan Didenda Rp 750 Ribu

Sugeng Harianto - detikNews
Awas..! Terobos Palang Pintu KA di Madiun akan Didenda Rp 750 Ribu Perlintasan kereta Api di Madiun/Foto: Sugeng Harianto
Madiun - PT KAI Daop 7 Madiun menyiapkan denda bagi pelanggar yang menerobos perlintasan Kereta Api (KA) saat sinyal pertanda kereta akan melintas sudah berbunyi. Pengendara yang melanggar akan didenda Rp 750 ribu.

"Jadi pengemudi kendaraan wajib mendahulukan kereta api yang akan lewat dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel. Apabila terjadi pelanggaran oleh pengemudi kendaraan, maka konsekuensinya denda paling banyak Rp 750 ribu," kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan, Senin (6/5/2019).

Jika pelanggar terbukti bersalah dan tidak bersedia membayar denda Rp 750 ribu, maka pidana kurungan paling lama tiga bulan sudah menanti. Menurut Ixfan, ketentuan tersebut lanjut sesuai UU Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 114 dan pasal 296.


"Ini sudah sesuai dengan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 114 disebutkan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup. Juga pasal 296," imbuh Ixfan.

Ixfan menambahkan, sosialisasi tersbeut penting terutama menjelang Mudik Lebaran 2019. Selain karena jalur ganda yang menghubungkan Stasiun Baron, Sukomoro, Nganjuk hingga Babadan telah aktif beberapa waktu lalu.


"Ini seiring sudah mulai dioperasikannya jalur ganda dan menjadikan jumlah perjalanan KA semakin bertambah. Hal tersebut supaya menjadi perhatian bagi warga masyarakat yang akan melintas di perlintasan KA," tambahnya.

Lebih lanjut Ixfan menghimbau warga agar waspada dan taat terhadap aturan ketika akan melintas di perlintasan KA. Bagi warga yang akan melewati perlintasan KA tanpa palang pintu wajib untuk tengok kanan-kiri terlebih dahulu.

"Untuk warga masyarakat saat akan melintas di perlintasan berpalang pintu agar bersabar dengan tidak menerobos palang pintu yang sudah mulai bergerak menutup dan ketika sinyal sudah menyala," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed