Pemilu di Lamongan Aman, FKUB: Siapapun Terpilih Diterima dengan Legowo

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 04 Mei 2019 18:07 WIB
Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Pemilu serentak di Lamongan memasuki tahapan akhir. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin berhasil meraup suara sebesar 65 persen dibandingkan pasangan Prabowo-Sandi yang meraih 35 persen suara.

Dari data yang diperoleh menyebutkan, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan raihan angka sebesar 65 persen atau 515.751 suara. Sedangkan untuk pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan suara sebesar 35 persen atau sebesar 282.290 suara.

"Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten di Lamongan menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin beroleh suara 65 persen dan pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan raihan suara sebesar 35 persen," kata Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali kepada wartawan.


Berakhirnya tahapan pemilu serentak di Lamongan yang berjalan lancar, aman dan kondusif ini menuai apresiasi dari berbagai kalangan. Salah satu yang mengapresiasi adalah ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lamongan, KH Masnur Arif.

"Alhamdulillah pemilu dapat berjalan lancar, aman dan kondusif dan sukses. Siapapun yang terpilih mari kita terima dengan legowo dan sukacita," ujar KH Masnur Arif pada wartawan, Sabtu (4/5/2019).

Masnur juga mengajak masyarakat Lamongan untuk kembali meneguhkan dan mempertahankan ukhuwah. Masnur juga mengajak semua pihak untuk mengikuti tahapan pemilu yang dilakukan oleh KPU dan bersama-sama menunggu keputusan resmi dari KPU. "Jika ditemukan atau diduga ada pelanggaran pemilu mari kita salurkan melalui lembaga yang sudah ditunjuk sesuai undang-undang," ajaknya.


Sementara, Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung saat apel pengamanan untuk mengawal distribusi logistik Pemilu ke KPU provinsi Jatim mengatakan, proses pemilu yang cukup panjang hingga saat ini masih kondusif. Meski demikian, kata Feby, mengajak semua pihak untuk tidak meremehkan segala sesuatu.

"Ini adalah tahapan akhir di tingkat Kabupaten dan logistik Pemilu adalah sasaran utama pengamanan kita," ujar Feby yang menyebut kalau pengawalan logistik pemilu ini melibatkan personel TNI dan Polri.



Tonton juga video Dear Warga Sulsel, MUI Minta Jaga Ukhuwah Usai Pemilu 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)