Sambut Ramadhan dan Syukuran Pemilu Damai, Polisi di Ponorogo Gelar Megengan

Charoline Pebrianti - detikNews
Sabtu, 04 Mei 2019 13:43 WIB
Polisi menggelar megengan menyambut Ramadan (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Polres Ponorogo menggelar acara 'megengan' di Masjid Uswatun Hasanah, Jalan Bhayangkara, Sabtu (4/5/2019).

Megengan yang berasal dari kata mengagungkan ini sebagai bentuk suka cita dalam menyambut bulan Ramadhan. Jika biasanya budaya megengan dengan membawa nasi dan lauk pauk ke masjid, berbeda halnya dengan para polisi ini yang memilih tumpeng sebagai sajian utamanya.

"Tumpeng sajian utama itu juga tidak bisa dilepaskan dari adat Jawa, biar semua bisa bersuka cita menyambut Ramadhan," tutur Kapolres Ponorogo AKBP Radiant.


Tak lupa dia pun bersyukur Ponorogo dalam keadaan tenang dan aman. Tidak ada kejadian yang mencolok. Semua bisa teratasi dengan baik.

"Kami harap seperti ini terus supaya bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar," jelasnya.

Terakhir, Radiant pun tak lupa mengucapkan terima kasih atas gelaran pemilu kemarin yang berjalan aman dan lancar, juga jujur, adil, transparan, akuntabel, dan demokratis. Meski sempat ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Bancangan, Kecamatan Sambit semua berjalan lancar.


"Kami juga mengapresiasi penyelenggara pemilu, KPU, bawaslu serta para petugas di lapangan baik TNI, Polri, serta masyarakat yang mau ikut serta menjaga pemilu berjalan damai dan sejuk," paparnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menambahkan senang dengan gelaran pemilu kemarin yang berjalan bagus.

Menurutnya, partisipasi masyarakat cukup tinggi, masyarakat sangat dewasa, peserta pemilu oke, penyelenggara KPU dan Bawaslu tertib dan disiplin, TNI Polisi mengayomi dan tetap tegas.

"Pemilu tahun ini mantul (mantap betul)" pungkasnya.


Simak Juga 'Jelang Ramadan, Polisi di Ponorogo Bersih-bersih Masjid':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)