DetikNews
Kamis 02 Mei 2019, 18:23 WIB

Harga 3 Komoditas Naik Signifikan di Pasar Tradisional Blitar

Erliana Riady - detikNews
Harga 3 Komoditas Naik Signifikan di Pasar Tradisional Blitar Satgas Pangan Polres Blitar melakukan sidak pasar (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Satgas Pangan Polres Blitar sidak di pasar tradisional Kecamatan Wlingi. Dalam sidak itu ditemukan, tiga komoditas pangan mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Namun stok pangan dipastikan aman jelang Ramadan tahun ini.

Tiga komoditas itu mengalami kenaikan harga di kisaran 80 sampai 100 persen. Yakni, bawang putih harga awal Rp 30.000 per kg naik menjadi Rp 60.000 sampai 65.000. Telur dan daging ayam mengalami kenaikan Rp 1.000-2.000 per kg.

"Ya sidak kami lakukan gabungan. Dari Satrekrim Polres Blitar, kepala gudang bulog, dan tiga instansi terkait lainnya di Pemkab Blitar," kata Kasatreskrim Polres Blitar AKP Sodik Effendi pada detikcom, Kamis (2/5/2019).


Selain tiga komoditas itu, lanjut Sodik, harga komoditas lain masih stabil. Satgas pangan juga memastikan, jika stok pangan aman menjelang bulan suci

"Kalau stok pangan, kami pastikan aman. Informasi dari dinas pertanian dan pangan sebentar lagi musim panen. Dinas peternakan juga informasikan, stok telur dan daging ayam aman. Harga naik sedikit ini sesuai hukum pasar. Ketika permintaan naik, harga otomatis juga naik dan masih di angka wajar," ungkapnya.

"Beras ini turun harganya. Tapi gak banyak. Di kisaran Rp 1.000-2.000 per kg. Dilihat kualitas dan jenis berasnya, penurunan harganya juga bervariasi," imbuhnya.


Sodik mengatakan sidak akan kontinyu dilakukan satgas pangan untuk mengendalikan kenaikan harga dan memantau stok pangan yang ada.

"Untuk itu diperlukan koordinasi dengan stake holder lainnya. Ada intervensi pasar juga yang nanti dilakukan agar harga komoditas bisa stabil. Di antaranya, mungkin akan digelar operasi pasar oleh dinas perdagangan dan dinas lainnya," pungkasnya.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed