Layanan Kejar Paket C Gratis Peringati Hardiknas di Banyuwangi Membludak

Layanan Kejar Paket C Gratis Peringati Hardiknas di Banyuwangi Membludak

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 02 Mei 2019 16:51 WIB
Layanan Kejar Paket C Gratis Membludak/Foto: Ardian Fanani
Layanan Kejar Paket C Gratis Membludak/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Dinas Pendidikan Banyuwangi membuka layanan kejar paket A, B dan C secara gratis di Taman Blambangan. Layanan memperingati Hardiknas tahun 2019 diberikan kepada masyarakat yang sebelumnya pernah putus sekolah, tapi masih ingin sekolah lagi ke jenjang berikutnya dan memiliki ijazah.

Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam menekan angkat putus sekolah khususnya di Banyuwangi. Untuk persyaratan juga tidak susah, peserta kejar paket gratis cukup membawa KTP, Kartu Keluarga dan fotocopy ijazah atau rapot terakhir yang mereka miliki.

Selain pendaftaran yang gratis, peserta yang sudah terdaftar juga tidak akan dipungut biaya selama proses belajar mengajar dilaksanakan. Kesempatan emas ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan ijazah yang sebelumnya belum pernah mereka miliki karena berbagai alasan.

Stand layanan kejar paket gratis ini diserbu ribuan masyarakat sejak pertama kali dibuka sehari yang lalu. Masyarakat yang mendaftar dari berbagai macam kalangan, dan usia. Ada yang sudah menikah, bahkan ada yang sudah memiliki anak.

Seperti yang dialami oleh Bambang Hariyanto (32), warga Rogojampi Banyuwangi. Dia sebelumnya kesulitan untuk mencari kerja karena hanya tamatan MTS atau setingkat SMP. Diharapkan, dengan mengikuti layanan kejar paket C gratis ini, dia akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.


"Mumpung gratis saya daftar. Ini sangat membantu sekali. Sebelumnya pakai ijasah MTS sangat susah sekali mencari pekerjaan. Mudah-mudahan setelaha mendapatkan ijasah paket C ini nantinya saya bisa lebih mudah mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan saya," kata pria yang sudah memiliki satu anak ini.

Sekedar diketahui, kejar paket A merupakan kesetaraan dengan lulusan SD atau MI. Kejar paket B setara lulusan SMP/MTS dan kejar paket Csetara dengan SMA/SMK/ MA.

Kejar paket A, B dan C gratis ini sengaja digelar sebagai wujud kinerja pemerintah daerah dalam meminimalisir angka putus sekolah utamanya di banyuwangi. termasuk usaha mendorong peningkatan SDM utamanya dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono mengaku, sejak dibuka hingga saat ini sudah seribu lebih pendaftar kejar paket. Ini nantinya akan mempermudah masyarakat untuk me dapatkan pendidikan meski sudah melewati umur masa pendidikan.

"Layanan ini gratis mulai dari pendaftaran sampai proses belajar mengajar. Yang mendaftar sudah seribu lebih sejak sehari yang lalu dilaksankan. Dunia kerja persaingannya sekarang sangat ketat, ijasah minimal SMA harus kita miliki untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Jangan malu untuk menuntut ilmu meski usia kita sudah tidak muda lagi," pungkasnya. (fat/fat)