detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 15:22 WIB

Banjir di Porong Lama Surut, Lubang di Jalan Jadi Masalah Baru

Suparno - detikNews
Banjir di Porong Lama Surut, Lubang di Jalan Jadi Masalah Baru Buah-buahan tumpah ke jalan karena bentor tersebut terguling saat melewati jalan berlubang/Foto: Suparno
Sidoarjo - Banjir yang merendam Jalan Raya Porong Lama sudah surut. Namun pengendara harus tetap berhati-hati lantaran banyak terdapat lubang di sepanjang jalan tersebut.

Dari pantauan detikcom di lokasi, kerusakan jalan paling parah terdapat di arah Malang-Surabaya. Lubang-lubang itu berdiameter antara 35 hingga 90 cm. Dengan kedalaman sekitar 30 cm.

Kondisi jalan yang seperti itu membahayakan pengendara pada saat malam hari. Terutama bagi kendaraan roda dua.

Bahkan, pengendara becak motor (bentor) Sadimo (54) pun telah menjadi korban jalan berlubang. Bentor yang membawa buah-buahan dari Pasar Baru Porong ke Pasar Larangan Candi Sidoarjo itu bernasib sial.


Bentor tersebut terguling saat melewati jalan berlubang. Buah-buahan yang ia bawa pun tumpah ke jalan.

"Kebetulan lagi apes Mas, setiap hari melewati Jalan Porong. Namun hari ini roda depan sebelah kiri masuk lubang, ahkirnya terguling," kata Sadimo kepada detikcom dilokasi, Kamis (2/5/2019).

Sadimo berharap agar Jalan Raya Porong Lama ini segera diperbaiki. Ia mengkhawatirkan pengendara lain yang melintas terutama sepeda motor.

"Kalau saya hanya mengalami kerusakan bentor, tapi suatu misal ada pengendara sepeda motor terjatuh yang terancam jiwanya," tambah Sadimo.


Pendapat serupa disampaikan Matsupri (42) warga Gedangan. Sopir truk yang setiap hari melewati Jalan Raya Porong lama ini berharap segera ada perbaikan. Menurutnya, pengendara roda dua kerap terjatuh pada malam hari.

"Saya melihat sendiri tadi pagi pada rit pertama sekitar pukul 05.00 WIB ada pengendara roda dua yang terjatuh. Tapi beruntung kendaraan masih sepi," kata Matsupri.

Ka Bidang Preservasi dan Peralatan I BBPJN-8 Sodeli mengatakan, Jalan Raya Porong Lama yang habis terendam banjir akan diperbaiki dalam waktu dekat. Namun sifatnya tambal sulam.

"Jalan Raya Porong lama yang rusak pascabanjir dari dua arah akan segera diperbaiki. Namun sifatnya tambal sulam," pungkas Sodeli.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed