DetikNews
Rabu 01 Mei 2019, 17:15 WIB

Dua Wartawan di Kediri Peringati May Day dengan Aksi Tutup Mulut

Andhika Dwi - detikNews
Dua Wartawan di Kediri Peringati May Day dengan Aksi Tutup Mulut Dua wartawan di Kediri rayakan May Day dengan aksi tutup mulut/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Inilah aksi dua anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kediri di Hari Buruh Sedunia atau May Day. Mereka berkeliling naik motor vespa sambil membawa poster berisi tuntutan.

Sepanjang aksi, kedua wartawan itu tidak mengeluarkan suara sedikitpun. Mulut mereka ditutup dengan lakban hitam. Mereka mencoba menyuarakan aspirasi dengan beberapa poster tulisan yang dibawa.

Misalnya, mereka menolak tidak kekerasan terhadap wartawan lewat poster 'Menulis Kritis Malah Kena Bogem'. Kemudian mereka menuntut kenaikan gaji dengan menulis 'Gaji Kecil Nggak bisa Ngemall'.


Menurut Koordinator divisi serikat pekerja AJI Kediri Bramanta Pamungkas, aksi simpatik itu untuk mengkampanyekan hak jurnalis yang sampai sekarang masih belum dipenuhi oleh pemilik perusahaan media.

"Salah satunya adalah hak kesehatan mendapatkan tunjangan BPJS, Hak cuti dan lainnya yang belum sepenuhnya teman-teman jurnalis mendapatkan hal itu," kata Bramanta, Rabu (1/5/2019).

Sedangkan terkait aksi tutup mulut dua wartawan, menurutnya itu mempunyai makna sebagai bentuk solidaritas. Mereka memberikan semangat jurnalis di daerah lain yang sedang memperjuangkan haknya.


"Salah satu Jurnalis di Jawa Tengah juga dikabarkan di PHK hari ini. Itu merupakan salah satu bentuk solidaritas kami agar teman-teman jurnalis bersemangat menuntut haknya," Imbuh Bram.

Aksi dua jurnalis tersebut melewati beberapa jalan di Kota Kediri. Seperti Jalan Hayam Wuruk, Diponegoro, Imam Bonjol dan Jalan Airlangga.

Keduanya juga sempat berhenti di Mapolres Kediri Kota untuk sekadar membagikan selebaran dan aksi tutup mulut. Keduanya mengakhiri aksi memperingati May Day itu di depan Taman Makam Pahlawan Kota Kediri.


Simak Juga 'Front Perjuangan Rakyat Sampaikan Pesan Buruh Lewat Aksi Teatrikal':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed