Jalan Menuju KPU Tuban Ditutup Demi Lancarnya Proses Rekapitulasi

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 01 Mei 2019 14:45 WIB
Penjagaan ketat di KPU Tuban/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Jalan menuju depan KPU Kabupaten Tuban ditutup dan dijaga ketat oleh aparat gabungan TNI dan Polri. Penjagaan dilakukan demi lancar dan amannya Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tingkat Kabupaten Tuban.

Penutupan Jalan Pramuka sebelah selatan dimulai dari simpang empat Polres Tuban. Sedangkan yang dari jalur utara mulai depan Gang Sunan Giri atau belakang RSUD Dr R Koesma Tuban. Karena jalan tersebut ditutup, pengendara dialihkan ke jalan lainnya.

"Penutupan akses jalan depan KPUD dilakukan dengan tujuan agar petugas bisa melakukan penyekatan kalau ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," kata Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono di kantor KPUD Tuban, Rabu (1/5/2019).


Penutupan jalan akan berlangsung selama dua hari. Untuk penutupan jalan hanya dilakukan saat rapat pleno berlangsung. Jadi kalau kegiatan sudah selesai maka jalan akan dibuka kembali.

Proses rekapitulasi yang telah berlangsung sejak Selasa (30/4) mendapatkan pengamanan ketat dari 120 personel TNI dan Polri. Mereka bertugas dengan menggunakan senjata lengkap laras panjang. Kemudian tampak pula watercanon dan barier di sekitar lokasi KPUD.


Seperti pantauan detikcom, sudah ada 8 PPK yang telah selesai melakukan rekapitulasi. Proses rekapitulasi akan dilanjutkan hingga larut malam untuk menyelesaikan 12 PPK lainnya.

Ketua KPUD Tuban Kasmuri menjelaskan, proses rekapitulasi setiap kecamatan diperkirakan memakan waktu satu jam sampai satu jam setengah. Maka dari itu proses rekap akan berlangsung hingga malam.


Tonton juga video Eggi Sudjana Laporkan KPU-Bawaslu ke DKPP Karena Abai Kecurangan:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)