DetikNews
Rabu 01 Mei 2019, 12:20 WIB

Gubernur Khofifah Blusukan Pasar Cek Harga Sembako Jelang Ramadan

Suparno Nodhor - detikNews
Gubernur Khofifah Blusukan Pasar Cek Harga Sembako Jelang Ramadan Gubernur Khofifah Blusukan Pasar Cek Harga Sembako Jelang Ramadan/Foto: Suparno
Sidoarjo - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa blusukan ke Pasar Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo. Kedatangan Khofifah ke pasar tradisonal ini untuk memantau kenaikan harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadan.

Khofifah tiba di Pasar Wadungasri sekitar pukul 08.35 WIB dengan menggunakan baju putih. Khofifah langsung menyapa para pedagang dan menanyakan dagangan apa menjelang bulan Ramadan ini mengalami kenaikan yang signifikan.

"Dari beberapa hari yang lalu, yang mengalami kenaikan yang signifikan hanya bawang putih bu. Hampir mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogramnya, kapan bisa turun bu," kata Juni (31), salah satu pedagang Pasar Wadungasri, Rabu (1/5/2019).


Mendengar keluhan pedagang tersebut, Khofifah hanya tersenyum. Dia meminta kepada pedagang dan ibu-ibu untuk bersabar. "Sabar ibu-ibu nanti sebentar lagi InsyaAllah harga bawang putih akan stabil. InsyaAllah bawang putih akan datang di Tanjung Perak tanggal 10 Mei, dan sekitar tanggal 15 sudah bisa bawang putih tersebut masuk pasar," jawab Khofifah.

Khofifah mengaku impor bawang putih tersebut untuk Jawa Timur sebanyak 15 ton. Sementara untuk kebutuhan Jawa Timur sendiri sekitar 4.960 ton. Sedangkan untuk bawang merah, ujar Khofidah tidak perlu import karena dari Probolinggo masih mencukupi.

"Suplai kebutuhan bahan pokok di Jawa Timur sebenarnya cukup, harga-harga kebutuhan pokok lainnya tidak ada kenaikan, hanya telur tapi kenaikan tidak signifikan," tambah Khofifah.


Lebih lanjut Khofifah mengharapkan, pihak-pihak tertentu pada saat menjelang bulan Ramadhan ini hendaknya jangan menimbung bahan kebutuhan pokok. Saat dimannya tinggi secara otomatis harga akan naik.

"Kami mohon jangan sampai ada yang malakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok," tegas Khofofah.

Kemudian Khofifah melanjutkan blusukan nya ke pedagang ikan ayam. Saat menemui pedagang ayam, Khofifah juga mendapatkan keluhan terkait revitalisasi jalan masuk pasar yang sudah lama rusak. "Terkait keluhan pedagan yang meminta revitalisasi pasar akan disampaikan ke Pemkab Kabupaten Sidoarjo," jelas Khofifah.


Tonton juga video Jelang Ramadan, Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman:

[Gambas:Video 20detik]


(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed